6 Buah Unik dari Indonesia yang Jarang Diketahui Orang

- Rabu, 18 September 2019 | 16:32 WIB
instagram/@nhienk_kenes/@bumilangit.official
instagram/@nhienk_kenes/@bumilangit.official

Indonesia dikenal sebagai negara tropis, maka tak heran bila Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati. Ini juga didukung dengan tanahnya yang subur.

Luasnya wilayah Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke, tentu banyak sekali makanan khas dari setiap daerahnya. Begitu juga dengan buah-buahan. Ada beberapa buah yang hanya bisa ditemui di Indonesia saja. Namun ternyata ada lho beberapa buah yang banyak belum diketahui orang. Mau tau apa saja buah yang jarang diketahui orang-orang? Yuk simak informasi berikut ini.

1. Buah Kepel

-
instagram/@rita.awaludin

 

Nama buah kepel memang masih asing di telinga orang-orang, padahal buah ini adalah buah kegemaran para putri keraton. Buah ini dulunya menjadi deodoran dan pewangi alami. Dengan memakan buah yang sudah matang, maka tubuh menjadi harum bak bunga viola.

2. Buah Gandaria

-
instagram/@nhienk_kenes

 

Buah berwarna hijau kekuningan ini memiliki rasa yang agak asam dan manis. Buah yang sudah matang biasanya digunakan sebagai pelengkap bahan rujak.

3. Buah Kelubi

-
instagram/@h4n1m_0thm4n

 

Buah ini memang mirip dengan buah salak pada umumnya. Kelubi sendiri sering disebut sebagai salak rimba. Walaupun rasanya asam, tapi buah ini mengandung banyak vitamin C. Buah ini dapat ditemukan di Lampung, Sumatera Selatan, Riau dan Kalimantan Timur.

4. Buah Buni

-
instagram/@bumilangit.official

 

Buah buni sendiri mirip dengan cranberry atau anggur, namun memiliki warna kekuningan dan merah kehitaman. Buah ini mengandung banyak air dan sering dijadikan rujak buah dan selai.

5. Buah Manau

-
instagram/@bibittanaman_arabstore

 

Buah yang tergolong langka ini adalah buah dari pohon rotan, dan memiliki rasa asam-asam manis. Buah ini dapat ditemui di Kepulauan Bangka, Kepulauan Belitung, Kalimantan dan Sumatera.

6. Buah Menteng

-
instagram/@cessystone

 

Buah menteng ini juga dikenal dengan sebutan buah kemundung atau kepundung. Buah yang mirip dengan duku ini memiliki rasa yang asam-asam manis. Kini, buah menteng sudah sangat sulit ditemukan. Namun di Bogor dan Jakarta masih ada beberapa orang yang menjual buah ini.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X