Pemerintah Kembangkan UMKM untuk Majukan Daerah Wisata

- Selasa, 15 September 2020 | 13:38 WIB
Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim. (Dok. Kemenkop UKM)
Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim. (Dok. Kemenkop UKM)

Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM terus berupaya meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya di lima destinasi wisata super prioritas. Salah satunya di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Terkait dukungan bagi kemajuan UMKM, Kemenkop UKM memberikan pelatihan bagi para pelaku Koperasi dan UKM agar bisa beradaptasi di tengah pandemi Covid-19, melalui peningkatan produksi maupun pemasaran secara digital.

Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia Kemenkop UKM, Arif Rahman Hakim mengatakan, pelatihan yang digelar tersebut sebagai dukungan kepada daerah pariwisata agar dapat memaksimalkan produk UMKM.

Pelatihan telah digelar di lima destinasi super prioritas yaitu Danau Toba Sumatera Utara, Mandalika NTB, Borobudur Magelang, dan kali ini di Labuan Bajo NTT. Arif mengatakan, pelatihan juga akan dilanjutkan di Likupang Minahasa Utara Sulut.

"Pelatihan yang kami lakukan disini untuk mendukung daerah pariwisata. Materi pelatihan yang diberikan, kaitannya untuk mendukung daerah daerah pariwisata," kata Arif Rahman melalui keterangan resminya, Selasa (15/9/2020).

Ia menjelaskan, pelatihan yang dilakukan, antara lain untuk pemandu wisata, pelaku kerajinan, pengolahan hasil kuliner, pertanian, perikanan hingga kewirausahaan agar bisa meningkatkan pemasaran secara digital. Kemenkop UKM menargetkan, pelaku UMKM di destinasi Labuan Bajo memiliki bekal pengetahuan, dalam menghadapi perubahan penurunan pemasaran dan beradaptasi dengan pandemi Covid-19.

"Targetnya yang ingin dicapai, pelaku UMKM diharapkan mempunyai bekal pengetahuan untuk bisa menyesuaikan terhadap perubahan perubahan yang ada. Perubahan yang dialami adalah mereka yang mengalami penurunan pemasaran," ujarnya.

Kemenkop UKM, kata Arif, memberikan materi tentang pemasaran digital melalui di laman-laman katalog pemerintah yaitu LKPP dan BUMN. Bahkan menurutnya, kerjasama dilakukan dengan Telkom untuk melatih pelaku UMKM mahir terhadap e-commerce dan aplikasi pasar digital.

"Sehingga kami memberikan materi baik melalui koordinasi e-commerce yang ada, maupun pemasaran digital di laman laman katalog pemerintah. Dengan LKPP maupun laman - laman katalog BUMN. Kami bersinergi dan berkoordinasi dengan LKPP dan PT Telkom untuk memberikan pelatihan aplikasi pada laman pemerintah aplikasi bela pengadaan untuk BUMN dan aplikasi pasar digital (PaDi)," tukasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X