Larry Flynt, Pendiri Hustler Meninggal Dunia Pada Usia 78 Tahun

- Kamis, 11 Februari 2021 | 08:24 WIB
Larry Flynt, pendiri Hustler (REUTERS/Jeff Christensen)
Larry Flynt, pendiri Hustler (REUTERS/Jeff Christensen)

Larry Flynt, pendiri Hustler meninggal dunia di rumahnya di Los Angeles pada Rabu pagi, saudaranya Jimmy Flynt mengonfirmasi ke Washington Post.

Peluncuran Hustler pada tahun 1974 mendorongnya menjadi terkenal. Tapi ia juga menjadi kontroversi dan selalu mendapat gugatan hukum.

Flynt pernah di tembak pada tahun 1978 saat berdiri di luar gedung pengadilan di Georgia, selama persidangan karena kecabulan.

Penembakan itu membuat Flynt lumpuh, sehingga mengharuskan ia duduk di kursi roda.

Selama tahun 1970-an, popularitas Hustler meningkat, mencapai sirkulasi dua juta pada akhir dekade tersebut.

Pertarungan hukumnya juga merintis, dan digambarkan dalam film 1996 The People vs Larry Flynt, di mana dia diperankan oleh Woody Harrelson.

-
Larry Flynt tutup usia di usia 78 tahun (REUTERS/Gus Ruelas)

 

Satu gugatan khususnya melihat Flynt digugat karena kartun parodi seksual dari televangelist Jerry Falwell yang muncul di Hustler pada tahun 1983.

Kartun itu, sebuah iklan palsu, menunjukkan Falwell mengatakan bahwa pertemuan seksual pertamanya adalah dengan ibunya di toilet.

Mr Falwell menggugat Flynt sebesar 50 juta dollar atau setara Rp 600 milyar, karena pencemaran nama baik dan dimenangkan di pengadilan yang lebih rendah, tetapi kasusnya dibawa ke Mahkamah Agung AS.

Flynt kemudian memenangkan kasus tersebut dengan keputusan bulat 8-0, yang memperkuat hak kebebasan berbicara dan perlindungan untuk satir di AS.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X