TNI AU Pastikan Tak Ada Korban Jiwa Insiden Pesawat Jatuh di Pemukiman Warga di Riau

- Senin, 15 Juni 2020 | 14:12 WIB
Pesawat tempur milik TNI AU jenis BAE Hawk 209. (Twitter/@_TNIAU)
Pesawat tempur milik TNI AU jenis BAE Hawk 209. (Twitter/@_TNIAU)

Insiden jatuhnya pesawat tempur milik TNI AU jenis BAE Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209 di Kampar, Riau, dipastikan tidak menimbulkan korban jiwa pada Senin (15/6/2020) pagi.

Hal ini disampaikan akun resmi milik TNI AU di halaman Twitter, sementara itu mengenai penyebab kecelakaan masih belum diketahui.

"Tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini, sementara penyebabnya masih dalam penyelidikan tim," tulis akun Twitter TNI AU.

TNI AU juga menjelaskan kalau peristiwa tersebut terjadi pukul 08.13 WIB saat "Cyborg Flight" yang terdiri dari 3 pesawat, selesai melaksanakan latihan surface attack di Air Weapon Range (AWR) Siabu. 

Baca juga: Sosok Pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail Selamat Berkat Kursi Pelontar Saat Pesawat Jatuh

Baca juga: Detik-detik Video Pesawat Latih TNI AU Jatuh Timpa Perumahan Warga di Kampar Riau

Sementara itu Pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail berhasil selamat menggunakan ejection seat saat pesawat BAe Hawk 209 nomor ekor TT-0209 yang dipilotinya mengalami gangguan teknis menjelang mendarat di runway 36 Lanud Rsn Pekanbaru.

-
Pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail

 

Terdengar Suara Ledakan

Sebuah pesawat tempur TNI AU jatuh di daerah permukiman penduduk di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin (15/6/2020) pagi.

"Iya ada pesawat jatuh jaraknya sekitar 500 meter dari rumah saya. Kejadian sekira pukul 08.30 WIB," kata salah seorang warga Desa Kubang Jaya, Wahyu, seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan belum diketahui pasti adakah korban jiwa, sedangkan lokasi tempat kejadian perkara sudah diblokade oleh personel TNI AU.

"Pesawat jatuh di rumah warga yang bernama Markun. Belum jelas apakah ada korban karena rumah itu biasanya kosong karena pemiliknya jarang di rumah," kata seorang saksi mata yang tidak mau identitasnya disebutkan karena alasan keamanan.

Ia mengatakan warga hanya bisa melihat dari jarak 30 meter ke tempat kejadian jatuhnya pesawat.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X