Viral Ambulans Bawa Seserahan Pernikahan Lengkap dengan Petugas Berpakaian APD

- Senin, 19 Oktober 2020 | 21:22 WIB
Viral ambulans bawa seserahan pengantin di Palembang. (Instagram/@sumsel.24jam)
Viral ambulans bawa seserahan pengantin di Palembang. (Instagram/@sumsel.24jam)

Sebuah video ambulans membawa seserahan di acara pernikahan viral di media sosial. Ambulans tersebut bahkan menjadi iring-iringan mobil pengantin sambil menghidupkan sirine.

Video viral berdurasi 1 menit 34 detik itu diunggah akun Instagram @sumsel.24jam. Dalam video itu tampak, ambulans yang membunyikan sirine di sebuah lokasi pernikahan.

Kemudian, tampak 2 orang petugas berpakaian APD lengkap membuka pintu belakang ambulans yang ternyata beberapa seserahan pengantin. Di lokasi pernikahan dengan tenda bernuansa putih dan kuning keemasan juga tampak beberapa orang yang tak mengenakan masker.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Cak mano menurut kamu? @palembangkulukilir #Sumsel24Jam #Sumsel #Palembang #Pali #Prabumulih #Lubuklinggau #Pagaralam #EmpatLawang #Banyuasin #MusiBanyuasin #Lahat #Muaraenim #Muratara #Musirawas #OKI #OKU #OKUTimur #OKUSelatan #Oganilir

A post shared by SUMSEL 24 JAM (@sumsel.24jam) on

Menanggapi hal itu, Kasi Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Palembang, Yudhi Setiawan menerangkan, peristiwa tersebut diduga terjadi pada Minggu 18 Oktober 2020.

"Diduga terjadi kemarin, Minggu (18/10/2020), sebab malam Senin ada yang telepon kasih informasi bahwa ada ambulans salah peruntukan. Setelah saya lihat video itu ternyata pelat hitam. Artinya milik swasta/pribadi bukan milik pemerintah," tutur Yudhi saat dihubungi Indozone, Senin (19/10/2020).

Baca Juga: Viral Tangga Jalan Sendiri, Netizen Malah Ribut Soal Ini di Kolom Komentar

Yudhi menerangkan, ambulans tersebut diketahui milik salah satu klinik di Kota Palembang. Pihaknya pun sudah menghubungi klinik tersebut untuk selanjutnya akan dipanggil dan diberikan teguran tertulis.

"Itu ambulans milik klinik swasta dari Palembang, Rencananya akan dipanggil ke kantor untuk diberi teguran tertulis dan edaran ke semua fasilitas kesehatan, terkait penggunana ambulans hanya untuk bawa orang sakit dan meninggal dunia," paparnya.

Hingga kini, Yudhi belum mengetahui motif ambulans digunakan untuk mengantar seserahan pengantin. Dia pun mengimbau masyarakat agar tak sembarangan menggunakan ambulans di masa pandemi Covid-19.

"Kami belum tahu motifnya, apakah ini merupakan konsep pernikah, aatau bagian dari yang punya klinik. Tapi jelas ini menyalahkan aturan penggunaan ambulans yang mendapat prioritas saat melintas di jalan raya, seperti menerobos lampu merah dan diberi jalan oleh pengguna jalan," kata Yudhi.

"Penggunaan ambulans ini sendiri kita tak tahu apakah sudah diinfektan sebelum jalan atau sebelumnya pernah membawa pasien terpapar Covid-19. Tentu ini berbahaya karena berisiko jadi transmisi penularan," sambung Jubir Dinkes Kota Palembang ini.

Sementara terkait petugas berpakaian APD lengkap ini juga sedang didalami oleh pihak Dinkes Kota Palembang. Sebab, baju APD tak diperuntukan untuk mengantar seserahan pengantin.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X