Masuk Musim Hujan, Ini Sederet Program Pemprov DKI untuk Antisipasi Banjir

- Senin, 19 Oktober 2020 | 09:01 WIB
Warga melintasi banjir di kawasan Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Warga melintasi banjir di kawasan Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkap beberapa program untuk mengantisipasi masalah banjir yang kerap terjadi di ibu kota. Program pertama adalah melakukan grebek lumpur.

"Kita melakukan pengerukan 13 sungai. Kemudian danau, situ, embung membuat sodetan-sodetan," ucap Riza pada Minggu (18/10/2020).

Selain itu, ia mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mempersiapkan seluruh pompa selalu siap sedia jika air mulai tinggi, serta menyiapkan program early warning system, dan drainase vertikal biopori.

Pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR pun disebutkan Riza akan turut membantu dalam penanganan banjir. Salah satunya adalah membangun waduk besar di kawasan Ciawi dan Cimahi.

"Membantu menyiapkan dua waduk besar ya di Ciawi dan di Cimahi nanti bulan di tahun 2021 sudah selesai setidaknya bisa mengurangi 11% potensi banjir di Jakarta," ungkapnya.

Dengan adanya beberapa program tersebut, politisi Partai Gerindra ini mengungkapkan bahwa Pemprov DKI akan mengeluarkan anggaran sebanyak Rp5 triliun untuk menangani masalah banjir di Jakarta.

"Jadi semua kita upayakan dan tidak kurang dari Rp5 triliun dalam 2 tahun ke depan anggaran yang kita persiapkan sekalipun ini di masa pandemi," pungkas Riza.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X