Survei Lembaga Paling Dipercaya Masyarakat: TNI Teratas Lalu Gubernur, Presiden Nomor 4

- Senin, 22 Februari 2021 | 17:07 WIB
Ilustrasi anggota TNI. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha).
Ilustrasi anggota TNI. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha).

Lembaga Survei Indonesia (LSI) turut menyoroti tingkat kepercayaan masyarakat kepada lembaga. Dimana hasil dari survei yang ditemukan LSI, kepercayaan masyarakat terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) berada di bawah lembaga Tentara Nasional Indonesia (TNI), hingga Gubernur dan Bupati/Wali Kota.

Hal tersebut dikatakan Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan dalam rilis survei LSI terkait evaluasi publik terhadap kondisi nasional dan peta awal pemilu 2024 secara virtual, Senin (22/2/2021).

"Yang menarik disini, tingkat kepercayaan kepada Gubernur ini lebih tinggi dibanding Presiden dan juga terhadap Wali Kota. Ini juga yang menarik artinya pemerintahan lebih dekat ke masyarakat cenderung sentimen positif yang lebih besar," ujar Djayadi.

Menurutnya, ini hasil temuan survei LSI ini bisa menjadi hal positif sekaligus mentang bagi para Gubernur, Bupati dan Wali Kota untuk berlaga di Pemilu 2024. Pasalnya tingkat kepercayaan mereka terbilang tinggi.

"Misalnya karena Gubernur dievaluasi secara dekat dengan masyarakat, maka kinerja Gubernur itu tentu akan berpengaruh nantinya kepada bagaimana masyarakat menilai kemampuannya misalnya jadi capres atau cawapres atau calon lainnya," tuturnya.

Di sisi lain, dia turut menyoroti tingkat kepercayaan masyarakat kepada Partai Politik yang paling rendah. Kemudian di atas Partai Politik ada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Baca Juga: Meski Minus, Kemenkeu Klaim Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Atas Rata-Rata Global

"Terkait dengan parpol kemudian DPR, tapi tingkat kepercayaan parpol masih diangka positif masih 65 persen kan tidak seperti di Amerika yang hanya 20 persen saja. Tapi dibandingkan dengan lain yang paling rendah," urainya.

Selain itu, menurutnya lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak lagi mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat selama satu sampai dua tahun belakangan. Padahal, sebelum-sebelumnya lembaga antirasuah selalu berada diperingkat wahid ataupun kedua dari kepercayaan publik.

"Selama dua tahun, KPK tidak ada lagi di liga pertama, tapi masuknya di liga kedua, bahkan sempat ke liga ketiga," pungkasnya.

Sekedar informasi, survei dilaksanakan pada 25-31 Januari 2021. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden sebagai sampel basis. dengan margin of error 2,9 % dan tingkat kepercayaan 95%.

Responden diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Berikut lembaga yang paling dipercaya masyarakat berdasarkan urutan hasil survei LSI:

  1. Tentara Nasional Indonesia (TNI)
  2. Gubernur
  3. Bupati/Wali Kota
  4. Presiden
  5. Pemerintah Pusat
  6. KPK
  7. Polisi
  8. Kejaksaan
  9. DPRD Kabupaten/Kota
  10. DPRD Provinsi
  11. DPR
  12. Partai Politik

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X