Menangis, Ibu Noval Kecam Netizen yang Tuduh Eksploitasi: 'Apa Kami Harus Susah Terus?'

- Rabu, 18 November 2020 | 07:48 WIB
Potret Noval berjualan donat hingga ketiduran (Istimewa)
Potret Noval berjualan donat hingga ketiduran (Istimewa)

Remaja penjual donat bernama Noval (15) kembali viral di media sosial. Potretnya yang ketiduran saat berjualan donat menjadi perbincangan netizen.

Noval dikabarkan berjualan donat setiap hari dari pukul 8 pagi hingga pukul 9 malam dan hanya istirahat saat bersekolah online.

Dalam foto viral tersebut, Noval berjualan di Jalan Timbul / Cipedak, Srengseng, Jagakarsa, kawasan Jakarta Selatan - Depok.

Banyak netizen yang ingin memberi donasi karena kasihan melihat Noval yang berjualan donat hingga ketiduran.

Namun, ada juga netizen yang menghembuskan kabar bahwa Noval terpaksa berjualan donat karena dieksploitasi oleh ibunya.

"Afwan.. Benar, anak ini namanya Noval.. dan siswa SMP Darussalam jl. Moch. Kahfi 2.. Anak ini beserta kk nya mmg di maanfaatkan oleh ibunya untuk mendapatkan donatur.. Padahal sdh banyak yg ingin membiayai sekolahnya, bahkan dari pihak sekolah sdh menggratiskan sekolahnya,

"Tp ibunya menolak.. Karna mengharapkan bantuan berupa uang untuk mereka.. Bahkan ada mahasiswa Universitas Pancasila membuka donasi untuk Noval di twitter. Dan pernah masuk tv jg acara hitam putih dan sudah mndptkan donasi, tp tetap sj anak ini n kk nya di suruh ibunya untuk berjualan donat di sana demi mendapatkan donatur,

"Ibunya banyak berbohong n menekan anaknya untuk berbohong.. Ayahnya tidak ada dan tidak diketahui keberadaannya. Demikian info yg sy dapat dari bagian kesiswaan SMP Daarussalam," beber akun Instagram prast_bakteri.

Berdasarkan penelusuran Indozone, kisah Noval yang berjualan donat ini memang sempat viral di akhir tahun 2019 silam. Kala itu dia berjualan donat bersama adiknya hingga larut malam dan berakhir ketiduran di trotoar.

Dia juga sempat diundang oleh salah satu stasiun TV dan ditawarkan untuk kembali bersekolah oleh pemerintah setempat.

Indozone kemudian menghubungi Yanti Ariyanti untuk mengklarifikasi mengenai isu eksploitasi terhadap Noval agar terus berjualan donat dan mendapat donasi dari netizen.

"Jujur sakit banget (mengetahui isu miring tersebut), kata ibu Noval, Yanti, kepada INDOZONE, Selasa (17/11/2020).

Yanti membantah tuduhan eksploitasi yang dilakukan terhadap anaknya. Dia menegaskan sudah hidup susah bersama anak-anaknya sejak kecil.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X