Tupoksi KSP 2020 Mulai Pusat Informasi, Counter Hoax Hingga Hadapi Isu Kelompok MIT & FPI

- Senin, 21 Desember 2020 | 19:02 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjawab pertanyaan saat wawancara khusus dengan ANTARA di Jakarta, Senin (29/6/2020). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjawab pertanyaan saat wawancara khusus dengan ANTARA di Jakarta, Senin (29/6/2020). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.

Kantor Staf Presiden (KSP) telah menjalankan tugas sepanjang 2020 sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi). Adapun tupoksi KSP seperti memberikan dukungan kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam melaksanakan pengendalian program-program prioritas nasional, komunikasi politik, dan pengelolaan isu strategis

Seperti dilansir dari Antara, sebagai lembaga nonstruktural yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden, KSP memiliki fungsi ?memastikan pelaksanaan seluruh program-program prioritas nasional sesuai dengan visi dan misi Presiden.

Kantor Staf Presiden yang berlokasi di Gedung Bina Graha, kompleks Istana Kepresidenan RI, Jakarta, senantiasa melakukan monitoring terhadap isu-isu yang tengah berkembang dan meluruskan berbagai kabar hoax yang berkembang di tengah masyarakat.

Dipimpin oleh mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko, Kantor Staf Presiden juga mengambil sejumlah peran penting selama masa pandemi COVID-19 yang melanda dunia dan Tanah Air tanpa melupakan tugas-tugas pokoknya.

Berikut kiprah Kantor Staf Presiden selama 2020 di tengah pandemi COVID-19 yang dipimpin oleh Moeldoko:

1. Menjadi Pusat Informasi

Di penghujung tahun 2019, dunia dikejutkan dengan kemunculan virus baru bernama Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Tiongkok.

Wabah COVID-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok pada tanggal 1 Desember 2019, kemudian ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020.

Di tengah guncangan dunia atas kemunculan COVID-19, Kantor Staf Presiden segera menjalankan peran strategisnya dengan menjadi Pusat Informasi Terpadu COVID-19 di Tanah Air.

Dalam menjalankan tugas sebagai Pusat Informasi Terpadu COVID-19, Kantor Staf Presiden menyediakan data perkembangan penanganan COVID-19 di negara lain dan di Tanah Air.

Kantor Staf Presiden juga mendorong kementerian dan lembaga terkait memberikan penjelasan dalam aspek kesehatan, seperti memberikan gambaran kepada masyarakat terkait dengan ketersediaan masker hingga ketersediaan dokter-dokter ahli yang dapat menangani pasien yang terkena virus corona, ketersediaan alat-alat, rumah sakit rujukan yang bisa didatangi masyarakat, serta ketersediaan alat tes.


2. Menyalurkan Bantuan

Saat pandemi COVID-19 mulai masuk ke Tanah Air di awal Maret 2020, Kantor Staf Presiden ikut memfasilitasi kontribusi swasta yang ingin terlibat dalam penanganan COVID-19.

Kantor Staf Presiden juga menampung dan menyalurkan berbagai bantuan alat kesehatan untuk penanganan COVID-19.

Kantor Staf Presiden selama pandemi COVID-19 tercatat ikut membantu menampung bantuan ribuan alat kesehatan seperti masker medis ventilator, alat pelindung diri, dan rapid test dari pihak swasta dan pengusaha, kemudian menyalurkannya kepada sejumlah pihak, terutama kepada rumah sakit dan tenaga medis sebagai garda depan.

Berdasarkan catatan, Kantor Staf Presiden sempat menyalurkan bantuan dari pihak swasta ke 13 rumah sakit rujukan di Jakarta. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada pihak RSAL Dr. Mintohardjo Jakarta.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X