Kenangan Mahfud MD Bersama Almarhum Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar

- Senin, 1 Maret 2021 | 14:20 WIB
Mahfud MD dan Artidjo Alkostar. (Instagram/@mohmahfudmd)
Mahfud MD dan Artidjo Alkostar. (Instagram/@mohmahfudmd)

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD memiliki kenangan dengan Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar yang tutup usia pada Minggu (28/2/2021).

"Artidjo bagi saya menjadi semacam inspirator untuk penegakan hukum dan demokrasi," ujar Mahfud MD dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (1/3/2021).

Mahfud kemudian menceritakan bagaimana dirinya terbantu saat mendapatkan beasiswa di New York, Amerika Serikat, pada November 1980. Selama berada di Amerika, urusannya jadi lebih mudah karena dibantu oleh Artidjo Alkostar.

Artidjo menjemput dan mengatur tempat tinggal dan urusan administrasi Mahfud. Mahfud mengaku Artidjo sudah berada di New York terlebih dahulu lantaran tengah bekerja di Asia Watch yang dipimpin oleh Sydney Jones. Selama di sana, keduanya memiliki acara rutin yang dijalani delapan bulan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Mahfud MD (@mohmahfudmd)

"Kalau hari Jumat kami janjian ketemu di masjid untuk salat Jumat di Islamic Center. Kalau Sabtu kami makan siang di restoran Asia, termasuk restoran India. Jika ke restoran India Mas Artidjo suka memesan nasi briyani," kenang Mahfud.

Mahfud juga mengatakan bahwa Artidjo adalah orang yang menginspirasinya untuk menjadi dosen dan aktivis penegakan hukum dan demokrasi.

"Artidjo Alkostar adl hakim agung yg dijuluki algojo oleh para koruptor. Dia tak ragu menjatuhkan hukuman berat kpd para koruptor tanpa peduli pd peta kekuatan dan back up politik. Dulu almrhm adl dosen di Fak. Hukum UII Yogya yg jg jd pengacara. Selama jd pengacara dikenal lurus," kata Mahfud melalui akun Twitter-nya saat menyampaikan kabar duka, Minggu (28/2/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X