Kartu Prakerja Tuai Kritik, Kini Muncul Situs Baru yang Semua Pelatihannya Gratis

- Selasa, 19 Mei 2020 | 10:49 WIB
Tampilan laman Prakerja.org. (prakerja.org)
Tampilan laman Prakerja.org. (prakerja.org)

Pada April 2020 lalu, pemerintah mengeluarkan program Kartu Prakerja, yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja bagi penerima uang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah /kuliah.

Namun, sejak diluncurkan, program tersebut menuai banyak kritikan. Orang-orang menyoroti solah efektivitas pelatihan online, sampai mahalnya biaya pelatihan. Terlebih materi dasar dalam pelatihan itu bisa ditemukan secara gratis di internet.

Atas dasar itulah, sejumlah orang membuat situs tandingan Kartu Prakerja. Situs tersebut menyediakan pelatihan secara gratis dan bisa diakses oleh semua orang. Orang-orang hanya perlu membuka laman Prakerja.org.

-
Tampilan laman Prakerja.org. (prakerja.org)

"Prakerja.org adalah bentuk kritikan terhadap pemerintah terhadap program Kartu Prakerja. Lihat manifesto lengkap kami. Anda bisa bergabung dalam aksi nyata dengan menghubungi kami," tulis Admin Prakerja.org.

Berbeda jauh dengan program Kartu Prakerja yang diluncurkan pemerintah, semua pelatihan online di situs ini tak dipungut biaya sama sekali, alias gratis. Tak hanya itu, setiap orang juga bisa berkontribusi menyumbangkan konten modul pelatihan.

"Semua bisa kamu anda dapat dengan gratis. Pilih kategori sesuai dengan kebutuhan anda. Kami akan menyediakan tutorial yang berguna," keterangan yang tertera di situs Prakerja.org.

Dalam situs ini juga terdapat akun media sosial Prakerja.org, seperti Facebook. Twitter dan juga Instagram. Semua media sosial ini bertujuan untuk memberikan update pelatihan terbaru,  yang disediakan oleh situs Prakerja.org.

Di situs ini juga tersedia beragam pelatihan yang cukup lengkap, untuk meningkatkan keterampilan, yang diklaim bukan untuk mendapatkan keuntungan atau komersial.

Dalam situs ini, ada 5 kategori pelatihan online yang disediakan, seperti wirausaha dan ide bisnis, pengembangan diri, bisnis dan keuangan, teknologi software serta bisnis digital.

-
Tampilan laman Prakerja.org. (prakerja.org)

Tak hanya itu, di situs ini, tersedia pula sejumlah kelas yang bisa digunakan oleh orang-orang. Mulai dari bisnis katering, cara memasarkan produk makanan, cara membuat camilan lebaran, tips memulai yoga, cara menabung saham sampai cara PHP bagi pemula.

Keunggulan lainnya dari situs ini ialah, tersedianya pelatihan online lewat live streaming. Narasumber atau trainer akan menulis jadwal pelatihan yang akan dilaksanakan melalui IG live atau Zoom Meeting.

Kursus yang dikritik publik

-
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah membuka gelombang kedua pendaftaran program. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Ada berbagai kursus online dari pelatihan online Kartu Prakerja yang menuai kritik. Banyak orang mempertanyakan tentang materi dasar dalam pelatihan online tidak sesuai dengan harganya yang mahal.

Adapun beberapa pelatihan online yang menuai banyak kritikan, seperti pelatihan dasar Microsoft Word, instal Windows 10, sampai pelatihan bahasa Inggris dasar untuk ojek online yang harganya sebesar Rp1 juta.

Terkait dengan banyaknya kritikan terhadap program Kartu Prakerja, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, pihaknya hanya berusaha menyediakan berbagai macam skill yang bisa dipilih oleh peserta Kartu Prakerja.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X