Jadi Momen Silaturahmi, Ini Dia Keutamaan dan Manfaat Saling Memaafkan di Hari Lebaran

- Jumat, 14 Mei 2021 | 16:04 WIB
Sungkeman (Ilustrasi)
Sungkeman (Ilustrasi)

Bagi umat muslim di seluruh dunia, momen lebaran pastinya dijadikan sebagai kesempatan untuk saling maaf memaafkan dan menjalin silaturahmi baik antar keluarga, teman, maupun kerabat jauh.

Di Indonesia sendiri, tradisi lebaran lekat dengan acara sungkeman, yang berarti bersalaman dengan cara duduk di lantai dan orang tua duduk di kursi atau sama-sama duduk di lantai.

Namun, di tengah pandemi seperti sekarang ini, banyak sebagian orang mungkin tidak bisa melangsungkan mudik karena terhalang satu dan lain hal. Namun yang kamu harus tau, keutamaan silaturahmi dan memaafkan antar keluarga menjadi sangat penting apapun caranya.

Berikut beberapa keutamaan silaturahmi dan memaafkan antar keluarga yang telah Indozone rangkum dari berbagai sumber:

1. Memaafkan merupakan sikap terpuji

Pada hari biasa mungkin sulit untuk memaafkan kesalahan orang lain. Namun, di hari lebaran, cenderung orang-orang akan lebih mudah menebar maaf seluas-luasnya kepada semua orang. Seperti istilah kembali ke suci, di mana hal itu berarti segala kebencian, iri dan dengki dalam hati harus dihilangkan. 

-
Instagram/aewazis

2. Memaafkan merupakan sifat Rasulullah SAW

Aisyah RA pernah ditanya terkait watak dan pribadi Rasulullah, yang menjelaskan:

"Rasulullah SAW orang paling bagus akhlaknya, beliau tidak pernah kasar, berbuat keji dan tidak membalas kejahatan dengan kejahatan. Beliau adalah pribadi yang pemaaf dan mendamaikan," - (HR Ibnu Hibban).

Di antara sifat Nabi Muhammad SAW, ialah suka memberi maaf. Beliau memaafkan orang yang membenci dan menyakiti perasaannya. 

Memaafkan kesalahan bukanlah perkara mudah, malahan pada saat itulah keimanan seorang diuji. Dengan memberi maaf, kita sudah mengikuti perilaku Nabi SAW, mengikuti etika dan kesopanan beliau.

3. Memaafkan bisa mengurangi stres

Ketika diri bisa memaafkan kesalahan orang lain, hal itu otomatis mengeluarkan emosi negatif dalam diri. 

Selain itu, memaafkan juga dapat membantu belajar untuk bisa melihat suatu hal lebih positif sehingga mengurangi stres dan kecemasan.

-
Unsplash/ Christian Erfurt

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X