Nadiem Makarim Usul Mata Pelajaran IPA agar Perdalam Isu Soal Perubahan Iklim

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:32 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (ANTARA/Galih Pradipta)
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (ANTARA/Galih Pradipta)

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan kalau tantangan terbesar yang saat ini dihadapi oleh manusia adalah perubahan iklim.

Karenanya, ia ingin banyak kalangan agar menyoroti isu tersebut dan mencari jalan keluarnya.

"Karena terus terang dari semua tantangan dunia saat ini nggak ada yang sebesar perubahan iklim dan kita perlu banyak sekali saintis, engineer, aktivis yang bergerak di bidang ini. Jadi tanpa mereka punya kesadaran bahwa ini adalah suatu hal yang urgen dan tanpa ini hidup mereka akan terancam, menurut saya kita gak akan bisa keluar dari masalah ini," kata Nadiem, dikutip dari Instagram bamboo_foundation, Kamis (21/10).

Agar tak hilang dari perhatian, Nadiem pun mengusulkan agar pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah bisa difokuskan pada materi terkait isu perubahan iklim.

"Dan harapan saya juga cara kita mengajarkan mata pelajaran IPA harus mulai condong ke arah lingkungan hidup, menurut saya," ujar Nadiem.

Di sisi lain, Nadiem juga mengatakan kalau tanaman bambu dapat menjadi solusi mencegah perubahan iklim. Hal itu karena bambu bisa menyerap hingga 500 ton karbon yang merupakan gas pemicu perubahan iklim secara global setiap tahunnya.

"Jadi ini satu hal yang menjadi masalah dunia, tapi Indonesia akan menjadi salah satu korban dari perubahan iklim. Dan bambu bisa jadi solusinya, karena bambu itu tumbuh cepat, bambu itu bisa tumbuh di berbagai macam pulau," katanya.

"Dan setelah itu bambu bisa digunakan sebagai kayu semua jenis barang apa saja," sambung Nadiem.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X