Ngabuburit di Perlintasan Kereta, 2 Anak Tertabrak KA Gajayana

- Kamis, 22 April 2021 | 10:59 WIB
Petugas PT KAI Daop 7 Madiun melakukan sosialisasi pelarangan dan bahayanya ngabuburit di jalur KA di sekitar Stasiun Madiun, Rabu (21/4/2021). (ANTARA/Louis Rika)
Petugas PT KAI Daop 7 Madiun melakukan sosialisasi pelarangan dan bahayanya ngabuburit di jalur KA di sekitar Stasiun Madiun, Rabu (21/4/2021). (ANTARA/Louis Rika)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun mencatat ada dua kejadian anak-anak tertabrak KA Gajayana di wilayah kerjanya saat sedang ngabuburit dan bermain di sekitar jalur KA untuk menunggu waktu berbuka puasa alias ngabuburit.

"Sepekan memasuki bulan Ramadhan 1442 H, di wilayah Daop 7 Madiun telah terjadi dua kejadian kereta api tertemper anak-anak yang sedang bermain di sekitar jalur KA untuk menunggu waktu berbuka puasa. Yakni KA Gajayana," ujar Vice President PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun Hendra Wahyono dikutip Antara, Kamis (22/4/2021).

Hendra merasa prihatin dengan kejadian tersebut dan meminta warga untuk tidak melakukan tradisi ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa di sekitar jalur KA karena berbahaya dan melanggar hukum.

Baca Juga: Panglima TNI Pantau Langsung Pencarian KRI Nanggala dari KRI Soeharso

"Sesuai UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, bahwa semua pihak yang tidak berkepentingan di jalur KA itu adalah tidak boleh. Karena itu, ngabuburit dengan memilih tempat di jalur KA adalah hal yang salah," ujar Hendra.

Dia menambahkan, beraktivitas di sekitar jalur KA sangat rawan dengan risiko terjadinya kecelakaan KA ataupun kecelakaan lalu lintas. Selanjutnya, untuk mencegah warga beraktivitas di sekitar jalur KA, Daop 7 Madiun intensif meningkatkan pengamanan jalur KA dengan menggelar patroli rutin saat bulan puasa berlangsung.

Patroli dilakukan setiap pagi setelah salat subuh dan sore menjelang waktu berbuka puasa untuk membubarkan masyarakat yang berkumpul dan beraktivitas di sekitar jalur KA.

"Petugas Polsuska akan melakukan "sweeping" di jalur-jalur yang berpotensi menjadi tempat kerumunan warga untuk ngabuburit," sambungnya.

Masyarakat diimbau untuk tidak beraktivitas di sekitar jalur KA. Juga bagi para orang tua agar mengingatkan anak-anaknya supaya tidak bermain di sekitar rel. Hal itu, selain mengganggu perjalanan KA, juga membahayakan nyawa anak-anak dan warga itu sendiri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X