Imbau Takbiran di Rumah, Wamenag: di Masjid Cukup 1 hingga 2 Orang Saja

- Jumat, 22 Mei 2020 | 14:12 WIB
Ilustrasi takbiran (ANTARA/Wahyu Putro)
Ilustrasi takbiran (ANTARA/Wahyu Putro)

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi mengajak seluruh umat Islam untuk mengisi malam Idul Fitri 1441 H dengan mengumandangkan takbir karena telah melaksanakan ibadah Ramadan selama satu bulan penuh.

Jika biasanya mengumandangkan takbir dilakukan di masjid, dan juga berkeliling, namun pada kondisi seperti sekarang ini, yakni terjadi wabah pandemi virus corona, Zainut mengimbau agar takbiran dilaksanakan di rumah masing-masing.

“Namun disaat terjadi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini kami menganjurkan untuk dilaksanakan di rumahnya masing-masing demi menjaga keselamatan jiwa kita semuanya,” ucap Zainut dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/5/2020).

Lebih lanjut, Zainut pun meminta agar gema takbir pada malam jelang Idul Fitri tetap dikumandangkan di masjid dan musala, namun dilakukan oleh satu hingga dua orang saja.

“Gema takbir di masjid, musala dan surau harus tetap dikumandangkan untuk menjaga syiar agama, tetapi hanya dilakukan oleh satu atau dua orang saja," ungkapnya.

“Dan sekali lagi kami mengajak kepada kaum muslimin semuanya untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing bersama keluarga, demi menjaga keselamatan jiwa kita semuanya,” tambah Zainut.

Selain itu, sebelum Ramadan berakhir, ia mengingatkan kepada seluruh umat muslim untuk menunaikan kewajiban untuk membayar zakat. Pasalnya, hal tersebut memiliki hukum yang wajib dilakukan setiap umat.

“Zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap pribadi muslim, yang bertujuan untuk menyucikan jiwa dan sebagai bentuk kepedulian berbagi terhadap sesama manusia di hari raya,” tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X