Varian Baru dari Inggris Masuk Indonesia, Pemerintah Disarankan Lakukan Langkah Ini

- Kamis, 4 Maret 2021 | 11:06 WIB
Ilustrasi gambaran virus corona. (Freepik).
Ilustrasi gambaran virus corona. (Freepik).

Anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi meminta pemerintah terutama jajaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk lebih bekerja keras melakukan langkah-langkah preventif, kuratif dan tindakan-langkah yang terarah dan solutif pasca ditemukannya virus corona varian baru yakni B117 yang berasal Inggris.

"Saya prihatin dan turut bersedih atas masuknya varian baru virus Corona dari Inggris atau B117," ujar Nurhadi, Kamis (4/3/2021).

Diketahui, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan, mutasi virus corona B117 yang pertama kali ditemukan di Inggris, telah ditemukan di daerah Karawang-Jawa Barat. Ia mendorong agar pemerintah segera melakukan pelacakan dan penelitian lebih lanjut untuk antisipasi penyebaran mutasi virus Covid-19.

"Pemerintah harus melakukan pelacakan dan penelitian lebih lanjut untuk mengantisipasi penyebaran mutasi baru itu. Agar dapat segera diketahui secara pasti apakah perlakuan protokol kesehatan Covid-19 masih berlaku sama atau tidak bagi pasien yang teridentifikasi mutasi baru ini," ungkap dia.

Baca Juga: Jokowi Cabut Lampiran Perpres Soal Miras, Ini Tanggapan Presiden PKS 

Selain itu, Nurhadi memandang pengetatan pintu masuk ke Indonesia juga perlu dilakukan. Hal ini sebagai upaya mencegah varian virus corona B117 tak menyebar luas di Indonesia.

"Pengetatan pintu masuk ke Indonesia guna mencegah varian menyebar luas juga perlu dilakukan. Monitoring di lapangan harus terus dilakukan oleh petugas di pintu kedatangan serta berbagai unsur yang terlibat termasuk Kementerian lembaga terkait bersama satgas Covid-19," katanya.

Seperti diketahui, Kemenkes mengumumkan varian terbaru virus Corona B117 yang masuk ke Indonesia berasal dari warga negara Indonesia yang bekerja sebagai TKI di Arab Saudi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X