Jembatan Musi VI di Palembang Masih Tahap Uji Coba

- Jumat, 8 Januari 2021 | 15:03 WIB
Foto aerial jembatan Musi VI Palembang, Sumatera Selatan. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Foto aerial jembatan Musi VI Palembang, Sumatera Selatan. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Jembatan Musi VI, Palembang, sampai saat ini masih tahap uji coba sehingga hanya kendaraan berbobot ringan yang boleh melintasinya. Hal ini bertujuan agar tidak merusak jembatan yang belum selesai sepenuhnya.

Kepala Bidang Jembatan Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel M Affandi di Palembang, Jumat, mengatakan, walaupun sudah dibuka secara resmi untuk masyarakat tapi sebenarnya status jembatan tersebut masih tahap uji coba.

“Hingga kini Pemprov Sumsel masih melakukan penyelesaian di sepanjang jalan dan jembatan,” kata M Affandi di Palembang, seperti dilansir Antara, Jumat (08/1).

Ia menjelaskan uji coba yang dilakukan yakni uji coba lalu lintas kendaraan sehingga kendaraan berbobot berat seperti truk dan bis masih dilarang untuk melintas.

Masa uji coba ini diperkirakan sekitar tiga pekan, sembari Pemprov Sumsel menunggu keluarnya sertifikat dari Kementerian PU agar kendaraan bertonase berat bisa melewati Jembatan Musi VI ini.

“Kami juga masih melakukan perbaikan di kiri dan kanan jalan. Perbaikan ini hanya perbaikan ringan seperti memasang sambungan di batu alam,” kata dia.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel Kurniawan mengatakan, saat ini pihaknya beserta dengan jajaran terkait sedang melakukan evaluasi dari lalu lintas di Jembatan Musi VI ini.

Rencananya akan dibuka dua arah baik dari ulu maupun sebelah Ilir Palembang, tapi dengan ketentuan mobil roda empat dengan kapasitas ringan saja.

“Ini merupakan tahap evaluasi, karena masih banyak rambu lalu lintas yang belum lengkap. Nantinya akan dilengkapi seiring dengan evaluasi yang ada. Kami juga akan coba memasang CCTV jika memang diperlukan,” kata dia.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X