Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, Libur atau Tidak, Ya?

- Rabu, 29 September 2021 | 14:04 WIB
Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)
Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Bulan Oktober akan tiba sebentar lagi. Seperti biasa, setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Lalu, apakah kita akan libur pada Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober ini?

Sayangnya tidak. Pemerintah hanya menetapkan hari libur nasional untuk Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni. Meski sama-sama memakai kata Pancasila, peringatan dua hari ini sangat berbeda.

Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh pemerintah pada tahun 2016. Hari Lahir Pancasila memperingati dicetuskannya Pancasila sebagai dasar negara pada 1 Juni 1945, dalam sidang BPUPKI.

Dalam sidang BPUPKI tersebut, Presiden Soekarno mengungkapkan 5 sila sebagai dasar Negara Indoensia.

Sementara itu, Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober tak terlepas dari peristiwa Gerakan 30 September 1965 PKI yang menewaskan perwira TNI AD yang kemudian dikenal sebagai Pahlawan Revolusi.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh Presiden Soeharto setiap tanggal 1 Oktober pada 27 September 1967.

Pada tanggal 30 September, biasanya publik Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang untuk mengenang penculikan dan pembunuhan para Jenderal.

Lalu, keesokan harinya pada 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila, bendera Merah Putih dikibarkan sempurna yaitu satu tiang penuh.

Hari Kesaktian Pancasila bertujuan untuk mengenang perjuangan bangsa dalam mempertahankan ideologi Pancasila dan untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X