Update: Korban Jiwa Akibat Erupsi Gunung Semeru Bertambah jadi 39 Orang

- Kamis, 9 Desember 2021 | 10:06 WIB
Dampak erupsi Semeru (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)
Dampak erupsi Semeru (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Korban meninggal dunia akibat akibat awan panas erupsi Gunung Semeru bertambah menjadi 39 orang. Hal ini berdasarkan keterangan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Data per hari ini, tercatat korban meninggal dunia 39 orang dan hilang 13," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Kamis (9/12).

Saat ini, tim gabungan masih terus melakukan pencarian terhadap korban jiwa, serta melakukan identifikasi dan verifikasi terhadap korban yang ditemukan.

Pencarian direncanakan terus berlangsung hingga enam hari ke depan di Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh dan Desa Curah Kobokan.

"Pencarian masih dilakukan. Kami diberi waktu satu minggu untuk melakukan pencarian secara optimal," kata Komandan Posko Tanggap Darurat Bencana Semeru Kol Inf Irwan Subekti.

Selain warga, erupsi Semeru juga berdampak pada hewan dan harta benda. Seperti rumah 2.970, sapi 764 ekor, kambing 684, dan unggas 1.578. Kemudian sarana pendidikan 42 unit, sarana ibadah 17, fasilitas kesehatan 1, dan jembatan rusak 1.

Data terakhir menyebutkan ada 6.022 warga yang tersebar di 115 titik pos pengungsian. Sejumlah kebutuhan dasar menjadi prioritas petugas di lapangan. Mulai dari penyediaan dapur umum, toilet portabel, hingga fasilitas pendidikan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X