Sebut Hanya 65 Persen Warga Dapat Air Bersih, PSI: Ini Jakarta, Kenapa Sulit Sekali?

- Rabu, 23 Maret 2022 | 11:15 WIB
Ilustrasi krisis air bersih (ANTARA/Oky Lukmansyah)
Ilustrasi krisis air bersih (ANTARA/Oky Lukmansyah)

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI, Anthony Winza menyebutkan hanya sebanyak 65 persen warga Jakarta yang bisa mendapatkan air bersih. Angka tersebut pun masih jauh dari target yang dicanangkan Pemprov DKI.

Oleh sebab itu, Anthony mengingatkan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk fokus bekerja dan mencapai target yang telah direncanakan. Apalagi masa jabatan Anies akan segera habis pada Oktober mendatang.

"Sampai saat ini baru skitar 65% warga Jakarta yang menikmati distribusi air bersih, masih jauh dari target Pemprov DKI yaitu 79,61%. Ini Ibukota, kok akses air bersih sulit sekali?" ucapnya, Rabu (23/3/2022).

Lebih lanjut, Anthony pun mengungkapkan masalah tingkat kebocoran air (NRW) yang terjadi pada 2021 ada di sekitaran angka 46,67 persen. Menurutnya, angka tersebut naik dari tahun sebelumnya yakni 45,06 persen.

Baca Juga: Ribuan Keluarga di Muara Angke Gelontorkan Rp1,4 Miliar demi Dapatkan Air Bersih

"Tolonglah, yang seperti ini dibenahi. Air itu kan akan dipakai juga untuk kegiatan keagamaan, mandi, memasak. Apa tidak kasian dengan masyarakat yang kadang menerima air keruh, bahkan air sering mati?" terang Anthony.

Selain itu, Anthony juga menghimbau kepada jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk mendorong perubahan dengan memberikan dukungan penuh ke PDAM Jaya. Ia berharap isu air bersih tidak jalan di tempat. 

"Jangan sampai momentum ini malah membuat kinerja Pemprov DKI Jakarta kelihatan jalan di tempat. Kami akan terus kawal karena air bersih adalah hak asasi warga Jakarta. Hak kita bersama," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X