5 Gambaran Perkembangan Desain Interior Selama 600 Tahun Terakhir

- Selasa, 29 Oktober 2019 | 10:08 WIB
homeadvisor.com
homeadvisor.com

Memiliki rumah yang indah dan nyaman adalah impian semua orang. Ini karena rumah menjadi tempat bagi seseorang untuk menghabiskan waktu dan beristirahat dari penatnya dunia pekerjaan. Maka tak heran bila orang akan berlomba-lomba untuk menghiasi rumahnya agar semakin nyaman.

Selain kamar tidur, ruang tamu menjadi bagian ruangan yang sangat penting dalam sebuah rumah. Di sini jadi tempat untuk berkumpul keluarga dan menerima tamu yang datang.

Untuk membuat ruang tamu lebih nyaman, biasanya orang-orang akan menambahkan barang-barang atau mendesain interior dengan sangat indah. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan semakin inovatifnya orang-orang, desain interior ruang tamu pun semakin mengalami perkembangan.

Sebuah perusahaan desainer HomeAdvisor, menunjukkan bagaimana desain interior ruang tamu dalam rumah mengalami perkembangan selama 600 tahun terakhir. Dikutip dari Boredpanda, berikut ini 5 gambaran desain interior yang mengalami perkembangan dalam 600 tahun terakhir oleh HomeAdvisor.

1. Barok (1590 – 1725)

-
homeadvisor.com

Selama periode ini berlangsung, permadani dari Turki tidak lagi banyak digunakan. Arsitektur yang ada di masa ini lebih memilih untuk menghiasi ruang tamu dengan perlengkapan atau barang-barang yang cocok. Selain itu, ruang tamu di periode ini juga dihiasi dengan bingkai suite gaya Louis XIV yang terlihat seperti meneteskan emas. Rangka furniture suite ini dibuat dari kayu tropis. Tak hanya itu, meja dan lantai ruang tamu ini menggunakan marmer sehingga terlihat lebih mewah.

2. Neo klasik (1780 – 1880)

-
homeadvisor.com

Berbeda dengan era Barok yang ruang tamunya dihiasi dengan barang dan desain mewah, di era ini ruang tamu didesain jauh dari kata kemegahan. Meski tak menggunakan lantai marmer dan barang mewah, namun ruang tamu Neo Klasik ini desainnya terlihat sangat indah. Ornamen seperti lampu yang digunakan pun tak semewah di zaman Barok. Jika Barok didominasi dengan warna gelap, Neo Klasik menggunakan warna yang lebih simpel dan polos.

3. Art Nouveau (1890 – 1920)

-
homeadvisor.com

Memasuki periode ini, desain ruang tamu dibuat lebih mewah dan wah. Barang yang ada di ruang tamu di zaman ini biasanya merupakan hasil kerajinan tangan yang dibanderol dengan harga tinggi. Selain itu, barang seperti sofa dan meja serta perlengkapan lainnya di ruang tamu ini memiliki harga yang cukup fantastis. Desain interior ruang tamu ini sedikit banyaknya dipengaruhi oleh seni dari Jepang. Vas dan lampu dalam ruang tamu ini terinspirasi oleh Louis Comfort Tiffany, artis terkenal dan direktur desain pertama di Tiffany.

4. Modern (1880 - 1940)

-
homeadvisor.com

Sesuai dengan eranya, desain interior ruang tamu di zaman ini dihiasi oleh barang dan perlengkapan baru alias modern. Dengan sentuhan teknologi dalam ruang tamu, ini menjadi desain ruang tamu yang akan membuat orang nyaman. Meja yang ada di ruang tamu ini terinspirasi oleh desainer terkenal dari Jepang-Amerika, Isamu Noguchi.

5. Post Modern (1978 sampai hari ini)

-
homeadvisor.com

Desain interior ruang tamu di zaman ini lebih mengutamakan perlengkapan yang terlihat unik dan menarik. Setiap barang yang menghiasi ruang tamu di era ini memiliki makna tertentu. Bahkan setiap barangnya memiliki keunikannya masing-masing, baik dari segi warna, bentuk dan penempatan posisinya.

Dari semua desain interior atau gaya arsitektur yang ditunjukkan oleh desainer HomeAdvisor, baik lama ataupun baru masih tetap bisa diterapkan di hari ini. Semua desain tergantung dengan selera masing-masing.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X