3 Fakta Tawon Pembunuh yang Muncul di Jakarta

- Senin, 8 Juli 2019 | 10:58 WIB
Wikipedia.org
Wikipedia.org

Dalam rentang waktu 2017-2018, tawon Vespa affinis pernah menewaskan tujuh orang warga di Klaten, Jawa Tengah karena sengatannya.

Tawon ini sangat berbahaya dan dapat mematikan manusia. Kini tawon Vespa affinis kembali ditemukan di Indonesia, tepatnya di DKI Jakarta.

Petugas Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur mengevakuasi sarang tawon di sebuah pohon, di Jalan Cilingup Indah, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (1/7/2019) lalu.

Berikut tiga fakta tawon Vespa affinis yang #KAMUHARUSTAU:

Penyebaran yang cukup luas

Penyebaran tawon Vespa affinis cukup luas, hampir subtropics Asia dapat ditemukan jenis tawon ini, termasuk Jawa. Jadi sangat memungkinkan tawon ini di Jakarta.

Berperilaku agresif

Tawon Vespa Affinis merupakan serangga yang bersifat predator. Sengatannya yang kuat berpotensi mengancam jiwa. Apabila merasa diserang, serangga itu bisa memanggil tawon-tawon lainnya untuk menyerang balik sasarannya.

Ciri-ciri tawon Vespa affinis

Ukuran tawon Vespa affinis lebih besar dari tawon biasanya, tawon ini mempunyai ukuran tubuh kurang lebih 3 cm. Warnanya juga didominasi hitam dengan gelang kuning atau oranye di bagian perutnya.

Bagian kepala tawon vespa affinis memiliki warna merah bata atau kecoklatan.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X