10 Artis, Musisi Hingga Pelawak Tanah Air yang Jadi Pendakwah

- Jumat, 7 Juni 2019 | 17:57 WIB
Instagram/Facebook
Instagram/Facebook

Perjalanan hidup yang dialami seseorang memang seringkali mampu membuat orang lebih memaknai hidup. Proses pemaknaan itu pun bisa merubah kepribadian seseorang, bisa jadi lebih baik atau justru sebaliknya. Perubahan itu juga dialami oleh beberapa artis Tanah Air. Padahal, sebelumnya mereka pernah menjalani kehidupan hiruk-pikuk dan gemerlapnya dunia hiburan. Berikut ini beberapa artis, musisi, hingga pelawak yang memutuskan vakum dari industri hiburan dan memilih fokus berdakwah.

1. Akrie Patrio
Akrie Falaq atau dulunya dikenal sebagai salah satu pelawak grup Patrio bersama Eko Patrio dan Parto Patrio. Sejak mereka bubar, Akrie merambah ke dunia seni peran. Berawal dari perannya sebagai Ustadz Ferry dalam sinema Para Pencari Tuhan, membuat Akrie berubah menjadi pendakwah hingga saat ini.
-
(Source: Instagram/@ustadzakriepatrio)
2. Ginanjar
Komedian Ginanjar Soekmana atau dulunya akrab disapa Ginanjar Empat Sekawan, beberapa tahun terakhir menjalani perannya sebagai pendakwah. Bahkan, dia kerap mengisi dakwah hingga ke berbagai daerah.
-
(Source: Instagram)
3. Kiwil
Komedian Wildan Delta alias Kiwil tengah fokus mendalami ilmu Islam di sela kesibukan syutingnya. Dia juga terlihat mengisi dakwah di beberapa pengajian. Meski belum meninggalkan dunia hiburan, Kiwil malah ingin menjadikan panggung hiburan sebagai ladangnya berdakwah lebih luas lagi.
-
(Source: Instagram/@kiwil.ks82)
4. Daus Mini
Komedian ini memutuskan hengkang dari dunia hiburan dan memutuskan bergabung dalam sebuah komunitas dakwah Islam bernama Komdak (Komedi Dakwah). Bersama beberapa ustadz dan pelawak lainnya, Daus kini rutin mengikuti kegiatan syiar agama ke berbagai majelis kajian.
-
(Source: Instagram)
5. Irvan Rotor
Gitaris band thrash metal legenda "Rotor" memutuskan berpindah haluan dari gemerlapnya dunia musik ke dunia dakwah. Dia kemudian mendalami agama Islam dan kini menjadi dai. Semenjak memantapkan hati untuk berhijrah, Irvan sering mengunjungi masjid dan beritikaf. Tapi, jiwa musiknya kembali bergejolak dan membuat diriya bangkit lagi ke dunia musik bersama band Rotor pada 2010, meskipun ia tetap menjadi dai.
-
(Source: Facebook)
6. Harry Moekti
Dulunya, Harry Moekti adalah seorang rocker. Pria kelahiran Cimahi, 58 tahun ini kini memilih menekuni Islam dan semakin mantap berdakwah sembari tidak meninggalkan mimpinya sebagai rocker.
-
(Source: Ist)
7. Derry Betrayer
Deri Guswan Pramona mengalami pasang surut kehidupannya di dunia hiburan. Mantan gitaris band metal Betrayer ini telah memutuskan bertaubat dan menjelma menjadi seorang pendakwah. Dia juga tetap menekuni bidang musik khusus menyanyikan lagu-lagu religi.
-
(Source: Facebook)
8. Sakti 'Sheila On 7'
Salah satu personel Sheila On 7 (SO7) memilih hengkang dari grup band yang membesarkan namanya itu pada 2006 lalu. Dia kemudian menghabiskan waktu dan giat mempelajari agama Islam. Kini dia bahkan sudah mengganti namanya menjadi Salman Al Jugjawi. Dia pun memilih menetap dan berdakwah di kampung halamannya, Yogyakarta.
-
(Source: Ist)
7. Peggy Melati Sukma
Dulu Peggy Melati Sukma dikenal sebagai salah satu pelawak Tanah Air. Ia juga dikenal sebagai tokoh yang centil dalam sinetron Gerhana, maka image berbeda ada pada dirinya saat ini. Peggy saat ini dikenal sebagai pendakwah yang mempunyai pembawaan sangat santun, ia pun sekarang mengenakan cadar. Selain bersyiar, Peggy juga fokus sebagai penggiat sosial.
-
(Source: Instagram/@peggymelatisukmakhadija)
8. Astri Ivo
Astri Ivo kini lebih fokus mengisi dakwah di beberapa kajian. Meski sudah hengkang dari dunia hiburan, wanita kelahiran 21 September 1964 ini juga kerap mengisi acara keagamaan di beberapa tempat.
-
(Source: Facebook)
9. Oki Setiana Dewi
Awalnya, Oki Setiana Dewi dikenal setelah bermain dalam film Ketika Cinta Bertasbih 1 dan 2, Demi Cinta, dan beberapa sinetron seperti Ketika Cinta Bertasbih Spesial Ramadhan, Anak-anak Manusia, dan sinetron Dari Sujud ke Sujud. Namun, dia memutuskan lebih tekun dalam kegiatan agama. Aktif mengisi kajian di beberapa tempat maupun di berbagai acara televisi, Oki juga aktif di kegiatan akademisi. Dua tahun silam, Oki terpilih sebagai salah satu delegasi Australia-Indonesia Muslim Exchange Program, yaitu program pertukaran pelajar internasional. Kini selain berdakwah, Oki tengah menjalani studi S3 jurusan Pengkajian Islam konsentrasi Pendidikan Islam di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta.
-
(Source: Instagram/@okisetianadewi)
10. Pipik Dian Irawati
Istri dari Almarhum Ustadz Jefri Al Bukhori ini dulunya adalah seorang penyanyi. Ia sempat duet dengan Uje pada lagu Sholawat Badar dan Thola'al Badru. Dia juga pernah bergabung dengan grup musik rohani Fatimah Voice bersama Puput Melati dan Nia Paramitha. Semenjak ditinggal pergi Uje, Pipik mulai aktif meneruskan jejak sang suami sebagai pendakwah.
-
(Source: Instagram/@_ummi_pipik_)

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X