WHO Tegaskan, Masker Hanya untuk Orang yang Sakit

- Selasa, 3 Maret 2020 | 13:14 WIB
ilustrasi orang memakai masker (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
ilustrasi orang memakai masker (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Sejak virus corona mewabah ke berbagai penjuru dunia, masker menjadi salah satu alat pelindung yang banyak diburu orang-orang.

Padahal, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), masker hanya digunakan untuk orang yang sakit atau merawat orang yang terinfeksi virus corona saja.

"Jika Anda sehat, Anda hanya perlu memakai masker jika Anda merawat orang yang diduga terinfeksi. Kenakan masker jika Anda batuk atau bersin," ujar Christine Francis dalam sebuah unggahan video di YouTube pada Selasa (3/3/2020).

Pihak WHO juga menambahkan, penggunaan masker untuk mencegah virus corona akan efektif apabila disertai dengan kebiasaan mencuci tangan yang benar.

"Masker hanya efektif bila digunakan bersama dengan pembersih tangan yang sering dilakukan dengan cairan pembersih berbasis alkohol atau sabun dan air," sambungnya.

Dalam video itu juga, Christine memberikan tutorial bagaimana cara memakai dan melepas masker yang benar.

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum memakai masker ialah, mencuci tangan dengan benar terlebih dahulu memakai cairan pembersih berbasis alkohol atau sabun dan air.

-
Potret warga memakai masker untuk mencegah virus corona. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

"Tutupi mulut dan hidung dengan topeng dan pastikan tidak ada celah antara wajah dan topeng Anda. Hindari menyentuh masker saat menggunakannya; jika Anda melakukannya, bersihkan tangan Anda dengan cairan pembersih berbasis alkohol atau sabun dan air," lanjut Christine.

"Ganti masker dengan yang baru segera setelah lembab dan jangan gunakan kembali masker sekali pakai. Untuk melepas masker, lepaskan dari belakang (jangan menyentuh bagian depan topeng), segera buang di tempat sampah tertutup, bersihkan tangan dengan sabun atau cairan pembersih berbasis alkohol," sambungnya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X