Sungai Dringu Meluap, Banjir Susulan Kembali Terjang Probolinggo, Empat Desa Terendam

- Kamis, 11 Maret 2021 | 14:24 WIB
Sungai Dringu meluap (Istimewa)
Sungai Dringu meluap (Istimewa)

Banjir susulan kembali menerjang Desa Tegalrejo, Desa Kedungdalem, dan Desa Dringu, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Rabu (10/3/21).

"Berdasarkan pendataan sementara, ada empat desa di Kecamatan Dringu yang tergenang banjir yakni Desa Kedungdalem, Dringu, Kalirejo, dan Tegalrejo. Banjir meluas hingga Desa Jorongan di Kecamatan Leces," kata Plt Kepala BPBD Probolinggo Tutug Edi Utomo, seperti dilansir Antara, Kamis (11/3/21).

Tidak hanya itu, sejumlah jalan kabupaten yang dilalui kendaraan juga tergenang banjir, sehingga banyak kendaraan yang harus memutar untuk menghindari banjir.

"Petugas mengevakuasi anak-anak, ibu, dan lansia ke lokasi yang aman dari banjir di SDN Dringu 1 dan SDN Kedungdalem dengan menggunakan perahu karet yang sudah disiagakan di sisi barat dan timur Sungai Kedung Galeng," kata Tutug Edi.

Ia juga mengimbau agar masyarakat waspada saat hujan deras mengguyur kawasan hulu Kabupaten Probolinggo, karena banjir sewaktu-waktu bisa menerjang kecamatan di wilayah hilir.

Sebelumnya empat desa di Kecamatan Dringu diterjang banjir kiriman akibat hujan deras yang mengguyur di wilayah hulu kabupaten setempat bagian selatan pada Senin (8/3) malam, kini banjir kembali menerjang desa tersebut.

Banjir diketahui berasal dari luapan Sungai Dringu, yang melintasi kawasan penduduk desa setempat. Karena tingginya debit air dan tanggul pembatas antara jembatan dan lahan pemukiman jebol, sehingga banjir pun tidak dapat dihindari.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X