Anies Baswedan Akhirnya Akui Kesulitan Surutkan Banjir Dalam 6 Jam

- Sabtu, 20 Februari 2021 | 12:42 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Pemprov DKI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Pemprov DKI)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui terdapat kendala dalam menangani banjir sesuai dengan targetnya, yakni selama kurang lebih enam jam untuk bisa menyurutkan kembali genangan air.

Anies pun menjelaskan, penanganan banjir selama enam jam di Jakarta tersebut dimulai ketika hujan sudah berhenti. Namun, ketika reda, air dari kawasan hulu terus mengalir sehingga sulit terkendali.

"Jadi kita enam jam sesudah airnya surut di sungai, kembali normal, atau enam jam sesudah hujannya berhenti," ucapnya saat meninjau Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021).

"Nah, yang terjadi adalah hujannya berhenti, tapi aliran dari hulu masih jalan terus. Sehingga di situlah menjadi kendala tersendiri," tambah Anies.

Baca Juga: Pintu Air Sunter Hulu Masih Siaga 2 dan Manggarai Siaga 3

Oleh sebab itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebutkan masalah banjir yang melanda Jakarta harus ditangani dari dua sisi, debit air hujan, serta juga aliran air dari kawasan hulu, yaknk Bogor dan Depok.

"Satu sisi adalah alirannya limpahan, karena kalau teman teman lihat di bawah, catatan bahwa air kiriman dari kawasan hulu, dan dari kawasan tengah, kawasan hulu itu kawasan Bogor, kawasan tengah itu kawasan Depok," terangnya.

"Itu sekarang dalam perjalanan ke Jakarta. Nah, dalam perjalanan ke Jakarta itu tentu berdampak pada kawasan kawasan yang ada di sekitarnya," tandas Anies.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X