Prabowo Subianto Jawab Kritikan Tak Lagi Lantang Sejak Berkoalisi dengan Jokowi

- Selasa, 13 Oktober 2020 | 10:37 WIB
Menhan Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Menhan Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Saat menjadi rival Jokowi di Pilpres 2014 dan 2019, Prabowo Subianto begitu lantang memberikan kritik terhadap pemerintahan Jokowi.

Tapi, kini setelah dia dijadikan Menteri Pertahanan oleh Jokowi, banyak pihak menilai Prabowo sudah tidak tegas dan lantang bersuara seperti dulu.

Dalam wawancaranya bersama TVRI, Prabowo pun memberikan jawaban atas kritik tersebut. Menurutnya, seorang pemimpin harus bisa menempatkan diri dengan baik.

"Jadi begini, kita sebagai pemimpin kita harus mengerti dan harus tahu peran apa di saat apa dengan cara apa. Jadi itu kita harus pandai untuk memilih tetapi nilai-nilai tidak berubah, cita-cita tidak berubah," ujar Prabowo.

"Ibaratkan kita tujuan kita mau dari Jakarta ke Surabaya, kadang-kadang kita sudah tentukan apakah saya lewat jalur utara atau selatan. Tapi ujungnya saya tetap mau ke Surabaya. Jadi nilai dan cita-cita tidak berubah ingin tegakkan suatu negara yang berdaulat, aman, adil, makmur itu tidak berubah. Tapi kita sekarang mengerti peran kita sebagai apa," tambah dia.

Ketum Partai Gerindra itu menerangkan bahwa saat dulu dia menjadi capres, dia berbicara lantang karena memiliki cita-cita untuk disampaikan ke publik.

"Jadi waktu saya di luar pemerintah saya capres ya, saya sampaikan cita-cita saya, nilai-nilai saya melalui progam melalui manifesto perjuangan melalui macam-macam. Kalau kita bicara di forum, kita bicara di depan ribuan orang, kalau kita bicara di depan 100 orang saja kalau kita tidak lantang, ngantuk," kata Prabowo. 

Tapi, setelah menjadi Menhan, Prabowo tidak bisa sembarangan berbicara lagi di hadapan publik karena punya rahasia negara yang harus dijaga. Meski begitu, dia menegaskan cita-cita yang dia perjuangkan sedari dulu tidak pernah berubah.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X