Gegara Kangen Rumah Calon TKI Bongkar Penyelundupan TKI Ilegal, Kirim Shareloc ke BP2MI

- Rabu, 1 Februari 2023 | 08:52 WIB
Calon TKI kangen rumah, kirim titik lokasi ke petugas BP2MI (Z Creators/Firman Imansyah)
Calon TKI kangen rumah, kirim titik lokasi ke petugas BP2MI (Z Creators/Firman Imansyah)

Drama pencarian Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal di Tulungagung akhirnya berakhir manis. Setelah mencari para CPMI berbekal kiriman share location selama tiga hari, petugas gabungan yang terdiri dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Surabaya dan Madiun, polisi dan pemerintah Desa Aryojeding akhirnya menemukan 3 orang CPMI yang hendak dikirim ke Malaysia.

Petugas menemukan mereka di sebuah rumah di Desa Aryojeding, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Minggu (29/01/2023) lalu.

Penggerebekan dilakukan setelah petugas menerima informasi pemberangkatan CPMI ilegal yang berkantor di Tulungagung.

-
Petugas gagalkan upaya penyelundupan TKI ilegal (Z Creators/Firman Imansyah)

Informasi itu bermula dari salah satu CPMI yang ingin pulang ke keluarganya di luar pulau Jawa, kemudian CPMI itu mengabarkan peristiwa yang dialaminya kepada keluarganya di Sulawesi Tengah.

Informasi itu kemudian diteruskan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat hingga ke Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) tingkat provinsi yang berkoordinasi dengan BP2MI di Surabaya dan Madiun.

-
Calon TKI ilegal sedang dimintai keterangan (Z Creators/Firman Imansyah)

Kemudian koordinasi dilanjutkan kepada anggota Polda Jawa Timur hingga ke anggota Polres Tulungagung.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tulungagung, Agus Santoso.

Agus merinci, usai menerima informasi itu kemudian petugas gabungan melakukan upaya tracking dari aplikasi lokasi yang diperoleh petugas gabungan.

Bahkan petugas gabungan langsung menelusuri lokasi itu pada Jumat (27/01/2023) malam hingga dinihari.

Petugas gabungan yang menelusurinya melalui aplikasi sempat kehilangan jejak lokasi terakhir CPMI itu, ternyata CPMI ini telah dipindahkan lokasinya.

"Awalnya dari hasil share location ini, lokasi CPMI ada di Desa Banjarejo namun setelah dicari sejak pukul 23.00 WIB sampai dinihari, tidak ditemukan rumah penampungan yang dimaksud, saat itu petugas sudah yakin kalau CPMI ini sengaja dipindahkan," ucapnya.

Tapi pada Sabtu (28/1/2023) pagi CPMI tersebut kembali membagikan lokasi terakhirnya yang masih ada di Kabupaten Tulungagung.

Lalu petugas kembali melakukan penelusuran dan mendapati lokasi terbaru itu ada di Desa Aryojeding, Kecamatan Rejotangan, Tulungagung.

Petugas gabungan kemudian langsung menuju ke lokasi yang dimaksud dan mendapati 3 CPMI Ilegal yang hendak diberangkatkan ke Malaysia.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X