Aparat Tangkap Victor Yeimo, Otak & Provokator Kerusuhan di Papua, Senyum Saat Ditangkap

- Minggu, 9 Mei 2021 | 21:24 WIB
Victor Yeimo ditangkap (Dok Humas Satgas Nemangkawi)
Victor Yeimo ditangkap (Dok Humas Satgas Nemangkawi)

Tim Satgas Penegakan Hukum Nemangkawi berhasil menangkap Victor Yeimo, buronan DPO kasus kerusuhan Papua pada 2019.

Komandan Satgas Humas Nemangkawi Polri Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan Victor Yeimo ditangkap di Jayapura, Minggu (9/5/2021) sore.

Saat ini dia tengah menjalani pemeriksaan intensif di Markas Polda Papua.

"Victor Yeimo merupakan buronan kasus kerusuhan di Papua tahun 2019 dan sejak 2019 yang bersangkutan masuk dalam Daftar Pencarian Orang," ujarnya.

Berdasarkan keterangan saksi, Victor Yeimo adalah aktor utama kerusuhan alias provokator di sejumlah daerah di Papua pada periode Agustus-Oktober 2019.

"Melakukan kekerasan terhadap orang, barang dan atau membawa senjata tajam tanpa izin. Berdasarkan keterangan saksi-saksi yang menyebutnya sebagai pimpinan demo dan orator yang berorasi mengenai Papua merdeka dan memprovokasi masyarakat sehingga mengakibatkan kerusakan fasilitas umum. Selain itu, dia juga dinyatakan sebagai tersangka berdasarkan keterangan ahli," jelas Kombes Iqbal.

Seperti diketahui, kerusuhan pecah di sejumlah daerah di Papua pada 2019 seperti Manokwari, Sorong, Fakfak, Jayapura, Timika, Wamena sebagai buntut kasus rasial yang menimpa sejumlah mahasiswa Papua di Kota Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

Victor Yeimo diduga melakukan tindak pidana makar atau menyiarkan berita yang menimbulkan keonaran dan mengancam keamanan negara.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X