Momen Idul Fitri, Anies Ajak Masyarakat Indonesia Doakan Palestina

- Kamis, 13 Mei 2021 | 09:47 WIB
Gubernur Anies Baswedan bersama keluarga mengenakan sorban berbendera Palestina usai melaksanakan Shalat Id di kediaman pribadinya kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (13/5/2021). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)
Gubernur Anies Baswedan bersama keluarga mengenakan sorban berbendera Palestina usai melaksanakan Shalat Id di kediaman pribadinya kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (13/5/2021). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan ibadah Shalat Id menggunakan sorban berbendera Merah Putih dan bendera Palestina sebagai bentuk simpati kepada bangsa Palestina.

Dia pun mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendoakan bangsa Palestina. Pasalnya, banyak rakyat Palestina jadi korban kekerasan Israel.

"Saudara kita di Palestina, anak-anak kita di Palestina, mereka bersujud dalam suasana tegang, mereka menjalani Ramadhan dalam suasana di mana saudaranya meninggal, korban dari kekerasan," ujar Anies Baswedan di rumah pribadinya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (13/5/2021).

"Ini adalah ajakan pada semua mari kita doakan pada saudara kita di Palestina, diberikan kekuatan, ketabahan dalam melewati masa yang tidak mudah ini," sambungnya.

Sedangkan di sisi lain, perayaan Idul Fitri seperti di Indonesia, melaksanakan ibadah puasa hingga merayakan Lebaran dalam suasana tenang, aman dan damai.

Baca Juga: Jokowi Salat Id di Halaman Istana Bogor, Anggota Paspampres Jadi Imam dan Khatib

"Saat ini Indonesia, kita bersyukur bisa melaksanakan Shalat Idul Fitri dalam suasana tenang, aman dan damai," ungkapnya.

Tak hanya Anies, dua putranya juga mengenakan sorban dengan bendera Indonesia dan Palestina, melengkapi seragam busana koko berwarna hijau tua.

Anies menambahkan, bangsa Indonesia memiliki komitmen tinggi untuk mendukung perjuangan warga Palestina agar terbebaskan dari segala tindakan penjajahan.

Ia pun mengutip pernyataan Presiden pertama Indonesia, Soekarno pada 1962 yang menyatakan bahwa Indonesia tidak akan pernah berhenti menentang penjajahan di tanah Palestina.

"Ini yang sekarang kita harus jaga pesan dari proklamator kita untuk bangsa Indonesia," ujar Anies.

Orang nomor satu di DKI Jakarta itu juga mengapresiasi ketegasan Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi yang menegaskan sikap kepada Palestina.

"Saya apresiasi 'statement' presiden (Joko Widodo) dan Menlu (Retno Marsudi) yang menunjukkan sikap tegas atas peristiwa yang terjadi pada banga Palestina," tutur Anies.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo menegaskan Indonesia mengutuk pengusiran paksa warga Palestina dari Syeikh Jarrah, Yerusalem Timur.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X