Cadangan Devisi RI pada November 2021 Meningkat

- Selasa, 7 Desember 2021 | 10:46 WIB
Pekerja membawa uang rupiah di cash center sebuah bank, Jakarta. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean/ama)
Pekerja membawa uang rupiah di cash center sebuah bank, Jakarta. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean/ama)

Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa pada akhir November 2021 senilai US$145,9 miliar. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari Oktober 2021 yang senilai US$145,5 miliar.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 8,3 bulan impor atau 8,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Selain itu, menurut dia, posisi cadangan devisa ini berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

"Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," kata Erwin dalam pernyataan di Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Menurutnya, peningkatan posisi cadangan devisa ini antara lain dipengaruhi oleh penerimaan pajak dan jasa, serta penarikan pinjaman luar negeri pemerintah.

Bank Indonesia, kata dia, memandang cadangan devisa ke depan dapat tetap memadai. Hal ini didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi.

Artikel Menarik Lainnya :


 

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X