Ini Syarat dari China Jika Jurnalis Dunia Ingin Liput Olimpiade Musim Dingin

- Sabtu, 6 November 2021 | 09:32 WIB
Logo Olimpiade Musim Dingin 2022 Beijing. (REUTERS/Tingshu Wang)
Logo Olimpiade Musim Dingin 2022 Beijing. (REUTERS/Tingshu Wang)

Otoritas China mempersilakan awak media asing meliput ajang Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing, termasuk Paralympic. Hal tersebut diutarakan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin beberapa waktu lalu.

"Namun, kami dengan tegas menentang politisasi olahraga, menentang bias ideologis terhadap China, dan menentang distorsi dan pencemaran nama baik China dan Olimpiade Musim Dingin Beijing dengan berita palsu dan disinformasi atas nama kebebasan pers," kata Wang, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (6/11/2021).

Pernyataan tersebut untuk menanggapi juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat Ned Price yang mendesak China menjamin keamanan jurnalis dan bisa menjalankan tugasnya dengan bebas, termasuk Winter Olympic.

"Sejak tahap persiapan, Beijing sudah mempersilakan liputan. Panitia pelaksana juga telah mengundang media asing di Beijing untuk wawancara, konferensi pers, dan kegiatan lainnya," ujar Wang.

Ia menyebutkan 2.500 reporter dan fotografer sudah mengajukan permohonan liputan ajang empat tahunan itu.

"Kami berulang kali mengatakan bahwa pewarta asing yang teregistrasi di China dapat meliput ajang tersebut sesuai persyaratan dalam undang-undang kebijakan pengendalian Covid-19," ujarnya.

Bahkan pihaknya menjamin kebebasan pelaporan dan bantuan fasilitas lain kepada media asing. Wang mendesak Amerika Serikat (AS) untuk menghormati semangat Olimpiade demi kemajuan olahraga dan terlindunginya kepentingan para atlet dari AS dan negara lain.

"Praktikkan motto Olimpiade tentang kebersamaan dan hentikan pernyataan yang tidak bertanggung jawab," katanya mengingatkan. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X