Jangan Hanya Jualan, UMKM Juga Harus Beri Pelindungan Kekayaan Intelektual Produknya 

- Senin, 26 April 2021 | 14:38 WIB
Dirjen Kekayaan Intelektual Freddy Hasan. (Dok. DJKI Kemenkumham)
Dirjen Kekayaan Intelektual Freddy Hasan. (Dok. DJKI Kemenkumham)

Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diingatkan dalam meningkatkan potensi ekonomi kreatif, ada banyak aspek yang perlu diperhatikan. Sala satunya yang perlu diperhatikan adalah perlindungan kekayaan intelektual terhadap produknya.

Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham, Freddy Harris menuturkan, tidak sedikit ditemukan pelaku UMKM kurang memperhatikan aspek legalitas maupun regulasi, yang ditetapkan pemerintah. Juga pemahaman terhadap proses komersialisasi UMKM. 

“Salah satu aspek penting bagi pelaku UMKM, yaitu memberi pelindungan kekayaan intelektual produknya, baik itu merek, paten, hak cipta, maupun desain industri,” ujar Freddy dalam acara peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia 2021, Senin (264/2021), secara virtual melalui live streaming di kanal Youtube dan Instagram DJKI Kemenkumham

“Sayangnya, kesadaran pelaku UMKM masih rendah untuk melindungi kekayaan intelektual usahanya yang dapat menjadi aset bernilai,” sambungnya.

Lanjut dia, DJKI Kemenkumham mendata, selama kurun waktu 2019 sampai 2021 permohonan pendaftaran KI yang masuk hanya 76.294 permohonan. Padahal jumlah UMKM di Indonesia berjumlah sekitar 65,4 juta. 

Olehnya itu, Freddy menegaskan bahwa melindungi KI sangat penting sebagai pelindungan hukum kepada pencipta KI. Juga atas hasil karya ciptanya tidak dicuri maupun ditiru oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab. 

“Sayangnya pelaku UMKM belum punya kesadaran lindungi inovasi dan kreatifitasnya. Kekayaan intelektual adalah intangible asset baik itu hak cipta, merek, indikasi geografis, rahasia dagang maupun desain,” ungkapnya.

“Padahal ini penting buat daya saing UMKM. Kekuatan UMKM bukan pada kekuatan modal tapi kreativitasnya, ini yang harus dilindungi,” pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X