5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Membiasakan Diri Membawa Tumbler

- Jumat, 4 Oktober 2019 | 13:41 WIB
ilustrasi/freelancer
ilustrasi/freelancer

Menikmati kopi sudah menjadi kebiasaan banyak orang Indonesia. Selain memiliki rasa yang khas, di sisi lain kopi juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya ialah meredakan sakit kepala.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu kini orang-orang lebih suka menikmati kopi yang dijual di kedai-kedai atau warung kopi. Alasan utamanya sudah pasti karena lebih praktis dan tidak merepotkan. Tapi pernahkah kamu berpikir, ketika membeli kopi di warung kopi akan kemana sampah cup minuman plastik yang digunakan?

Kita semua sudah tau bahwa salah satu faktor yang menyebabkan bumi tercemar ialah kehadiran sampah plastik. Semakin lama waktu berjalan, bukannya berkurang sampah plastik kian menumpuk dan mencemari setiap ekosistem. Seperti yang sudah diketahui bersama, sampah plastik ialah jenis sampah yang sulit terurai, butuh waktu yang sangat lama untuk mengurai sampah yang satu ini. Oleh sebab itulah, belakangan ini marak sekali kampanye tentang pengurangan sampah plastik. Kampanye tentang penggunaan sampah plasti ini bukan hanya berguna untuk manusia, tapi juga semua makhluk hidup yang ada di bumi.

Oleh karena itulah, ada baiknya jika mulai sekarang, setiap orang membiasakan diri untuk mengurangi penggunaan plastik dan rajin membawa botol minum sendiri. Jika kamu berpikir bahwa membawa botol minum sendiri merepotkan, berarti kamu harus tau apa manfaat membawa botol minum sendiri. Mau tau apa saja manfaat membawa botol minum sendiri? Berikut ini ulasannya.

1. Menjaga lingkungan

-
ilustrasi/unsplash

Seperti yang telah dipaparkan di atas, membawa botol minum sendiri dapat menjadi salah satu upaya untuk menjaga lingkungan. Di Inggris sendiri, ada sebanyak 10 ribu gelas terbuang setiap dua menit. Dalam setahun, sampah gelas tersebut dapat mencapai hingga lebih dari 2,5 juta buah. Dengan menggunakan tumbler atau termos sendiri sebagai pengganti gelas kopi dapat mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan oleh limbah gelas.

2. Menjaga suhu

-
ilustrasi/pexels

Penggunaan gelas sekali pakai tidak bisa mempertahankan suhu minuman, terlebih jika gelas tersebut terbuat dari plastik. Nah, untuk itulah kamu harus menggunakan tumbler atau botol minum sendiri agar suhu tetap terjaga.

3. Rasa kopi jadi lebih nikmat

-
ilustrasi/brit+co

 

Ketika kopi dalam keadaan panas, tentu akan timbul rasa aneh dari gelas plastiknya. Selain itu, lapisan gelas plastik sekali pakai juga mengandung zat kimia BPA yang berbahaya. Zat ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Penggunaan tumbler atau termos sendiri sebagai wadah kopi dapat membuat kamu terhindari dari zat berbahaya gelas plastik.

4. Lebih hemat

-
ilustrasi/pexels

 

Selain menjaga lingkungan, penggunaan botol minum sendiri sudah pasti dapat menghemat pengeluaran. Bayangkan saja, jika kamu selalu membeli kopi setiap hari, berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan?.

5. Menjaga sumber daya alam

-
ilustrasi/Conscius Fashion

 

Gelas yang digunakan di warung kopi biasanya terbuat dari bahan baku karton. Kamu harus tau, bahwa untuk membuat gelas ini tidak dapat menggunakan bahan-bahan hasil daur ulang, melainkan dari karton baru. Sementara pembuatan karton sekali pakai tersebut membutuhkan lebih dari 100 ribu pohon setiap tahunnya. Bayangkan berapa banyak pohon yang harus ditebang untuk membuat karton sekali pakai di gelas kopi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X