Duh! Belum Digunakan, Kubah Masjid Raya Sheikh Zayed Malah Rusak Kena Hujan Angin

- Rabu, 1 Februari 2023 | 09:32 WIB
Ornamen kubah masjid rusak diterjang hujan angin (Z Creators/Ari Welianto)
Ornamen kubah masjid rusak diterjang hujan angin (Z Creators/Ari Welianto)

Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan Solo belum dibuka untuk umum hingga hari ini, Rabu (1/2/2023). Mundurnya pembukaan masjid hibah dari UEA ini karena belum rampungnya sejumlah pekerjaan. Seperti perbaikan marmer, pengecatan ulang bangunan hingga perbaikan ornamen kubah utama masjid yang patah.

-
Ornamen kubah masjid rusak dihantam hujan angin (Z Creators/Ari Welianto)

Ornamen kubah tersebut patah saat hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Solo, Minggu (29/1/2023) lalu.

"Iya betul patah. Itu tepatnya di atas kubah utama," terang Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solo, Hidayat Maskur, Selasa (31/1/2023).

Menurutnya, untuk memperbaiki ornamen kubah itu membutuhkan waktu lama, karena posisinya di puncak kubah.

"Itu butuh waktu lama dan sulit masangnya, karena lokasinya di atas. Nanti ganti ornamen, kalau kubahnya baik-baik saja dan tidak menimbulkan kebocoran jadi tidak ada masalah," ungkap dia.

-
Pembukaan masjid mundur dari rencana awal (Z Creators/Ari Welianto)

Pihak Kementerian Agama Solo sendiri sudah meminta agar ornamen diganti dengan yang lebih tebal, agar kejadian patahnya ornamen kubah akibat cuaca buruk tidak terulang kembali.

"Kalau bisa pesan yang lebih tebal dan bahannya bagus. Ini biar tahan angin dan tidak mudah patah," katanya.

Pihak Kemenag Solo juga sudah meminta kontraktor memperbaiki kubah masjid secepatnya agar masjid ini bisa segera dibuka untuk umum.

"Sudah kita minta untuk memperbaiki, sambil melihat cuaca. Kalau  hujan tidak berani naik," imbuh dia.

Hidayat mengatakan, meski masjid hadiah dari Pangeran Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed Bin Zayed Al Nahyan sudah diresmikan November 2022 lalu tapi masih ada perbaikan-perbaikan kecil yang harus dikerjakan.

"Saya kalau ditanya itu tidak bisa jawab. Terlambat pembukaannya. Target bulan Ramadan nanti sudah harus buka," ucapnya.

-
Masjid Raya Sheikh Zayed sudah diresmikan November 2022 lalu (Z Creators/Ari Welianto)

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta masyarakat untuk bersabar menanti perbaikan Masjid Raya Sheikh Zayed.

"Ini kan sudah masuk masa perawatan aslinya. Tidak apa-apa, biar disempurnakan dulu. Kalau ada kendala hal biasa, apalagi masjid dibangun hanya 1,5 tahun saja dan itu cepat," ungkap putra sulung Presiden Jokowi ini. 

Awalnya, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini akan dibuka untuk umum sekitar 15 atau 16 Januari 2023. Tapi hingga saat ini sejumlah perbaikan masih terus dilakukan sampai waktu yang belum bisa ditentukan.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X