Tak Hanya Makanan dan Minuman, Tempat Les Prancis Juga Menjadi Sasaran Demo Warga

- Kamis, 5 November 2020 | 10:32 WIB
Tempat les Prancis didemo warga karena tersinggung pernyataan Macron (Twitter/@BintangStania/@PolJokesID)
Tempat les Prancis didemo warga karena tersinggung pernyataan Macron (Twitter/@BintangStania/@PolJokesID)

Pernyataan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menyikapi kasus pemenggalan seorang guru di Prancis membuat umat Muslim seluruh dunia tersinggung.

Pasalnya, Macron menuding bahwa Islam adalah agama yang sedang mengalami krisis. Seruan untuk memboikot produk Prancis pun bergema, termasuk di Indonesia.

Berbagai kelompok masyarakat memboikot produk-produk keluaran Prancis. Mulai dari tas mewah, produk makanan dan minuman, hingga tempat belajar les Prancis.

Baca juga: Boikot Produk Prancis, Ratusan Botol Air Mineral Dihancurkan & Dibuang, Netizen: Mubazir!

Sebuah tempat les bahasa Prancis di Bandung menjadi sasaran demonstrasi memboikot produk Prancis. Institut Francais d'Indonesie (IFI) yang terletak di Jalan Purnawarman didatangi sejumlah pendemo yang memprotes pernyataan Macron.

Aksi demo di tempat les Prancis tersbut sempat membuat jalan menjadi padat dan harus dikawal polisi. Tempat les IFI bahkan disegel pendemo dengan poster Macron.

Beberapa akun yang mengunggah kejadian ini adalah akun Twitter BintangStania dan PolJokesID. Aksi demo di tempat les Prancis ini sontak menjadi guyonan netizen karena dinilai tidak berkaitan dengan situasi politik di Prancis.

Baca juga: Viral Surat Kades di Pamekasan Ancam Bakar Warung Warga yang Tak Mau Boikot Produk Prancis

Netizen miris melihat aksi demo yang kebablasan dan memprotes segala sesuatu yang berbau Prancis. IFI sendiri merupakan bagian dari kerja sama dan kebudayaan (SCAC) Kedubes Prancis dan pusat-pusat kebudayaan Prancis (CCF) di Indonesia.

Lembaga pendidikan ini tersebar di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, hingga Bali.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X