Hari Keempat PSBB di Jakarta, Masyarakat Sudah Taat Gunakan Masker

- Senin, 13 April 2020 | 16:13 WIB
Warga berjalan menggunakan masker di kawasan Jalan Kendal, Jakarta, Senin (6/4/2020). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Warga berjalan menggunakan masker di kawasan Jalan Kendal, Jakarta, Senin (6/4/2020). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah empat hari diterapkan di DKI Jakarta. Masyarakat pun mulai menaati aturan, misalnya terkait penggunaan masker

"Tingkat kesadarannya sudah tinggi, sehingga kalau ketemu masyarakat di jalan sudah pada pakai masker," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/4/2020).

Yusri mengatakan pihaknya masih mengedepankan upaya sosialisasi ketimbang penindakan hukum. Masyarakat pun mulai sadar dan patuh terhadap kebijakan PSBB.

"Empat hari sudah diberlakukan. Hari pertama, dua, tiga kita lakukan sosialisasi, edukasi masyarakat. Disiplin edukatif kita sampaikan," ungkap Yusri.

Menurut Yusri, ada tiga kriteria masyarakat yang ditemui petugas ketika melakukan sosialisasi PSBB di Jakarta

"Pertama orang mengerti sama sekali, sudah paham PSBB. Dia tidak akan mau melanggar. Kedua orang mengerti, tetapi kurang peduli contoh diberhentikan orang naik motor, naik mobil tidak pakai masker misalnya," kata Yusri.

"Pas diberhentikan ditanya tahu tidak harus pakai masker? 'Oh iya tahu'. Barulah masker keluar dari kantongnya, baru dia pakai. Dia tahu, tetapi dia kurang peduli. Ada yang tidak mengerti, itulah yang kita sekarang edukasi," pungkas Yusri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X