Pandemi Corona, Bank Indonesia Pastikan Cadangan Devisa RI Aman

- Selasa, 14 April 2020 | 18:42 WIB
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (ANTARA)
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (ANTARA)

Bank Indonesia (BI) memastikan cadangan devisa Indonesia saat ini dalam kondisi aman, yaitu sebanyak USD121 miliar. Jumlah itu disebut cukup untuk membiayai impor dan utang negara dalam beberapa waktu kedepan, selama masa pandemi virus corona

"Posisi cadangan devisa pada akhir Maret 2020 sebesar USD121 miliar atau setara dengan pembiayaan 7,2 bulan impor atau 7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah," ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam video confference hari ini, Selasa (14/4/2020). 

Meski demikian, Perry memprediksi, cadangan devisa RI akan meningkat pada April 2020. 

"Bank Indonesia memastikan bahwa posisi cadangan devisa tersebut lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah serta kebutuhan stabilisasi nilai tukar rupiah," tuturnya. 

Perry juga optimis, defisit transaksi berjalan diperkirakan akan rendah pada April 2020, meskipun ekspor masih mengalami penurunan, sejalan dengan penurunan permintaan dan harga komoditas dunia. Sementara itu, neraca perdagangan diperkirakan akan membaik, hal itu dipengaruhi oleh penurunan impor yang lebih tinggi akibat penurunan permintaan domestik, dalam hal berkurangnya impor produksi untuk kegiatan ekspor.

"Defisit neraca jasa juga diperkirakan akan lebih rendah didorong oleh penurunan devisa untuk biaya transportasi impor maupun juga penurunan devisa pariwisata yang tidak setinggi perkiraan sebelumnya," jelasnya. 

Defisit neraca pendapatan primer juga disebut Perry akan menurun, sejalan dengan berkurangnya penurunan kepemilikan asing pada instrumen keuangan domestik.

"Secara keseluruhan kami perkirakan defisit transaksi berjalan pada triwulan I 2020 akan lebih rendah dari 1,5% PDB," pungkasnya. 

Artikel menarik lainnya

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X