PPDB Jakarta Dimulai, Orang Tua Pilih Bolos Kerja

- Senin, 24 Juni 2019 | 11:21 WIB
Proses pendafaran sekolah tahun ajaran anyar (Foto Antara)
Proses pendafaran sekolah tahun ajaran anyar (Foto Antara)

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah Jakarta, hari ini mulai di buka. Dilansir kantor berita antara, sebagian orang tua bersama anaknya sudah datang sejak pukul 06.00 WIB agar mendapat antrean lebih awal, misalnya di SMAN 1 Jakarta. 

Panitia PPDB baru akan membuka registrasi pukul 08.00 WIB, namun sejak pukul 07.30 WIB. Orang tuapun memilih  izin tidak masuk kerja demi proses pendaftaran anaknya.  "Ya mau bagaimana lagi mas, demi anak tidak masuk satu hari tidak apa-apa," ujar  salah seorang orang tua Deni.

Pelaksanaan PPDB di Jakarta, menurutnya dinilai lancar, terlebih sistem pendaftaran melalui jaringan (online) sehingga datang ke sekolah untuk registrasi ulang dan menyerahkan berkas-berkas.

Di SMAN 1 Jakarta, panitia membuka empat loket untuk mengantisipasi menumpuknya antrean. Sementara kuota yang disediakan mencapai sekitar 260 siswa.

"Kita memfasilitasi orang tua yang mendaftar, kita siapkan komputer, yang tidak sempat menginput mereka boleh mengisi fasilitas yang kita berikan," ujar anggota tim PPDB SMAN 1 Jakarta, Iman.

Ada perbedaan pola penerimaan PPDB antara SMA dan SMK, Untuk SMA mengunakan  sistem zonasi. Sedangkan  SMK menggunakan sistem seleksi berdasarkan nilai Ujian Nasional (UN) atau non zonasi dan  dites fisik seperti pemeriksaan seluruh anggota badan serta tes buta warna.

Pelaksanaan PPDB jalur zonasi di Jakarta, akan berlangsung pada tanggal 24 sampai 26 Juni untuk pendaftaran sekolah dan verifikasi berkas persyaratan. Pengumuman penerimaan akan dilakukan pada 26 Juni sore, ada pun proses lapor diri dilaksanakan pada 27-28 Juni.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X