Sandiaga Uno: Selfie di Tempat Wisata Tak Boleh Lepas Masker

- Selasa, 21 September 2021 | 09:59 WIB
Pengunjung berfoto dengan latar Rumah Gadang, Nagari Sumpu, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Minggu (29/8/2021). (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Pengunjung berfoto dengan latar Rumah Gadang, Nagari Sumpu, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Minggu (29/8/2021). (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pelaksanaan uji coba pembukaan 20 tempat wisata selama PPKM Level 2 dan 3 pekan lalu, menunjukkan hasil bagus karena telah menerapkan berbagai prosedurnya dengan baik.

Namun, masih ditemukan para pengunjung yang ditemukan masih tak mematuhi protokol kesehatan dengan membuka masker saat melakukan selfie.

"Apalagi pas lagi foto, pas lagi selfie, wisatawan itu suka copot masker, padahal kita bilang nggak boleh," ujar Sandiaga, Senin (20/9).

Yang paling menjadi sorotan oleh Sandi adalah terjadinya antrian yang panjang saat pengecekan QR code di aplikasi PeduliLindungi. Antrean  pun disebabkan oleh beberapa faktor seperti gagal check-in serta gangguan sinyal.

Ditanya soal pengunjung di bawah berusia 12 tahun Sandi mengatakan belum ada aturan tertulis dan masih berpedoman pemberian diskresi kepada pengelola tempat wisata.

"Selama didampingi orang tua yang sudah divaksin dan PeduliLindunginya dalam color code hijau, kita serahkan diskresi ke pengelola," ujar Sandi.

Berdasarkan pelaksanaan uji coba yang menunjukkan hasil yang baik, Sandi mengatakan pemerintah akan menambah jumlah tempat wisata lainnya yang akan diuji coba.

"Kita terus akan mensosialisasi dan menghimbau masyarakat agar terus mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan disiplin," katanya.

Artikel Menarik lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X