Agar Larangan Mudik Efektif, DPR Imbau Penjagaan di Jalur Darat Diperketat

- Senin, 19 April 2021 | 11:30 WIB
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarief Abdullah Alkadrie. (Instagram/syarief_abdullah_alkadrie)
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarief Abdullah Alkadrie. (Instagram/syarief_abdullah_alkadrie)

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarief Abdullah Alkadrie meminta pemerintah dan instansi terkait agar dapat mengantisipasi adanya masyarakat yang tetap nekat mudik Lebaran 1442 H, meskipun pemerintah telah melarangnya.

"Untuk antisipasi itu saya kira harus diperketat supaya tidak terjadi kucing-kucingan (antara masyarakat dengan petugas)," ujar Syarief saat dihubungi Indozone, Senin (19/4/2021).

Larangan mudik sendiri akan dilakukan dari tanggal 6-17 Mei 2021. Menurut Syarief yang harus menjadi perhatian serius bagi pemerintah dan petugas gabungan adalah masyarakat yang ingin mudik melalui jalur darat.

Sebab, kata dia, untuk jalur udara dan laut dapat diawasi dengan seksama. Untuk jalur darat ini lantaran banyaknya jalan-jalan tikus yang bisa dilalui masyarakat agar tetap bisa mudik.

"Kalo (jalur) udara tanggal 6-17 hanya beroperasi di kalangan tertentu saja dengan tugas atau emergency. Sementara (jalur) laut hanya untuk membawa barang logistik. Dan masalah ini darat, darat ini harus diperketat dan gimana semua pintu masuk harus diantisipasi mulai sekarang," tegasnya.

BACA JUGA: Klaim Kurva Kasus Covid-19 Turun, Jokowi: Tetap Waspada, Jangan Lengah!

Perihal adanya masyarakat yang mudik sebelum tanggal 6 Mei, Politikus Partai NasDem ini mengimbau protokol kesehatan harus tetap diutamakan. Seperti melakukan swab test antigen sebelum kembali ke kampung halaman.

"Tapi dari sekarang kan juga dianjurkan tidak mudik, walaupun masih bisa. Nah tapi juga mereka diperketat, umpamanya mereka pulang kampung harus tetap menggunakan protokol kesehatan seperti lewat antigen atau apa," ungkapnya.

"Dan saya kira sangat ditekankan dan diminta betul-betul bisa efektif terhadap larangan ini," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X