Tekan Penyebaran Virus, Pemerintah Belajar Cara Atasi Corona dari Vietnam

- Rabu, 25 Maret 2020 | 22:20 WIB
Seorang petugas kesehatan menyemprotkan disinfektan di dalam pesawat Vietnam Airlines. (REUTERS/Kham)
Seorang petugas kesehatan menyemprotkan disinfektan di dalam pesawat Vietnam Airlines. (REUTERS/Kham)

Tekan angka peningkatan penyebaran virus corona di tanah air, Juru Bicara Pemerintah Khusus Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa pemerintah telah mempelajari upaya Vietnam yang berhasil mencegah penyebaran wabah virus tersebut.

Dari penuturannya, keberhasilan Vietnam menekan penyebaran virus tersebut tak terlepas dari kebijakan menerapkan physical distancing atau menjaga jarak fisik antar orang per orang. Hal itu disampaikannya langsung melalui akun YouTube Rabu (25/3/2020).

"Banyak pelajaran yang kami dapatkan dari negara-negara lain yang berhasil menangani hal ini. Salah satu contohnya Vietnam. Di Vietnam itu mengedepankan physical distancing. Menjaga diri, menjaga jarak," katanya.

Menurutnya, pemerintah menilai keberhasilan Vietnam juga dicapai berkat kedisiplinan dalam menerapkan self isolation atau isolasi mandiri bagi warganya.

"Ini menjadi kekuatan besar yang dilaksanakan masyarakat, sehingga dia bisa menghentikan penularan ini. Tidak harus berpikir menunggu sampai sakit, tapi mampu dicegah jangan sampai sakit," lanjutnya.

Sementara, Vietnam sampai Selasa (24/3/2020) kemarin belum ada mencatatkan korban yang meninggal akibat Covid-19. Padahal jumlah korban yang terinfeksi Covid-19 di negara itu mencapai 141 orang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X