Polisi Periksa Kantor Pinjaman Online Ilegal di Jakarta Utara

- Selasa, 24 Desember 2019 | 00:24 WIB
Salah satu aplikasi berbasis website yang digunakan perusahaan pinjaman online ilegal yang berada di Penjaringan, Jakarta Utara. (ANTARA/Fauzi Lamboka)
Salah satu aplikasi berbasis website yang digunakan perusahaan pinjaman online ilegal yang berada di Penjaringan, Jakarta Utara. (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Pada hari Senin (23/12), Unit Kriminal Khusus (Krimsus) Polres Metro Jakarta Utara menggerebek kantor pinjaman online ilegal yamg berada di Kawasan Mal Pluit Village, Penjaringan, Jakarta Utara.

Perusahaan ilegal itu bernama PT Vega Data (VD) dan PT Barracuda Fintech (BR) beralamat di Komplek Ruko Pluit Nomor 77-79, Jalan Pluit Indah Raya, Penjariangan, Jakarta Utara.

Perusahaan pinjaman online ilegal yang berkantor di Penjaringan telah melayani ratusan ribu nasabah se-Indonesia.

"Jumlah nasabahnya yang terdata untuk aplikasi cash-cash mencapai 17.560, sementara toko tunai mencapai 84.785," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Polisi Budhi Herdi di Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (23/12).

Kapolres menjelaskan jumlah pinjaman diberikan dibatasi minimal Rp500 ribu dan maksimal Rp2,5 juta.

"Bisa dibayangkan jika dirata-ratakan Rp2 juta per nasabah dalam sebulan, berapa omzet mereka," ujar Kapolres.

Pinjaman "online" ilegal itu tidak memberikan bunga di awal, tetapi adanya potongan administrasi di depan sebesar Rp300 ribu.

"Jika terlambat membayar, maka ada denda sebesar Rp50 ribu per hari," ungkap Kapolres.

Dikatakan sebagai perusahaan ilegal karena tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga pengawas terhadap kegiatan-kegiatan keuangan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X