Pandemi Mereda, Thailand Kini Kembali Terima Turis dari Tiongkok

- Selasa, 29 September 2020 | 23:47 WIB
Seorang petugas memberikan cairan disinfektan kepada orang-orang di pintu masuk Pasar Akhir Pekan Chatuchak di Bangkok, Thailand, Sabtu (9/5/2020). (Photo/Xinhua/Zhang Keren)
Seorang petugas memberikan cairan disinfektan kepada orang-orang di pintu masuk Pasar Akhir Pekan Chatuchak di Bangkok, Thailand, Sabtu (9/5/2020). (Photo/Xinhua/Zhang Keren)

Thailand akan kembali menerima turis-turis asing untuk pertama kalinya saat penerbangan dari Tiongkok pekan depan telah diberlakukan. Hal itu disampaikan oleh pejabat Thailand, pada Selasa (29/9/2020) waktu setempat.

Kedatangan wisatawan dari Tiongkok ini akan menandai pembukaan kembali secara bertahap sektor pariwisata yang vital dan dilanda pembatasan perjalanan akibat COVID-19.

Dilansir dari Reuters, Selasa (29/9/2020), nantinya penerbangan pertama akan mengangkut sekitar 120 turis dari Guangzhou, yang akan terbang langsung ke pulau resort Phuket, kata gubernur Otoritas Pariwisata Thailand, Yuthasak Supasorn.

Tak hanya itu, Thailand telah menjaga angka infeksi virus corona tetap rendah dengan hanya 3.559 kasus dan 59 kematian.

Meski demikian, ekonomi negara tersebut telah mengalami pukulan akibat pelarangan kunjungan asing sejak April dan diperkirakan akan merosot sebesar 8,5 persen tahun.

Juru bicara pemerintah Traisulee Traisoranakul juga memperkirakan akan ada 1.200 turis pada bulan pertama, yang akan menghasilkan pendapatan sekitar 1 miliar baht (31,55 juta dolar AS atau sekitar 469 miliar rupiah).

Pemasukan selama setahun diharapkan akan mencapai 12,4 miliar baht, dari 14.400 wisatawan. Pengunjung yang diizinkan masuk ke Thailand adalah mereka dari negara-negara yang dianggap berisiko rendah oleh pemerintah, dan keberadaan mereka akan dipantau.

"Kita tidak membuka negara, kita membatasi jumlah kedatangan dan akan mengatur dengan gelang tangan, aplikasi untuk memantau mereka (pendatang)," kata Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X