Kementan Ungkap Penyebab Masuknya Jamur Enoki Mengandung Listeria

- Rabu, 1 Juli 2020 | 12:17 WIB
Jamur Enoki. (Cbsnews)
Jamur Enoki. (Cbsnews)

Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian menjelaskan penyebab masuknya produk jamur enoki asal Korea Selatan yang mengandung bakteri Listeria monocytogenes.

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan di seluruh pintu masuk komoditas yang diimpor.

Badan Karantina Pertanian juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah memastikan adanya sertifikat hasil uji laboratotrium (cerifiticate of analysis/CoA).

Hanya saja, khusus bakteri listeria, tidak termasuk dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 55 Tahun 2016 tentang Produk Segar Asal Tumbuhan (PSAT). Pihak Kementerian Pertanian hanya mengatur larangan terhadap tumbuhan yang mengandung bakteri salmonella dan e.coli.

"Jadi tentu saat itu kami tidak bisa melakukan larangan di border. Namun setelah ada info di BKP beritahu kami lakukan monitoring di pemasukan Tanjung Priok yang berasal dari Korsel, hasilnya negatif," ujar Ali Jamil, Selasa (30/6/2020).

Ali juga mengatakan bahwa saat dilakukan pemeriksaan, produk tersebut tidak tercemar bakteri Listeria.

Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (BKP) kemudian mendapat informasi dari International Food Safety Authority Network (INFOSAN), jaringan otoritas keamanan pangan internasional di bawah FAO/WHO, terkait kejadian luar biasa (KLB) pada Maret-April 2020 di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia akibat mengonsumsi jamur enoki asal Korea Selatan.

BKP kemudian melakukan pemantauan kembali di gudang importir dan menemukan produk jamur Enoki yang sudah tercemar bakteri Listeria. Selanjutnya, BKP memusnahkan produk jamur Enoki yang sudah tercemar tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X