Anies Baswedan Perpanjang PSBB Transisi Selama 14 hari

- Rabu, 1 Juli 2020 | 16:38 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Rabu (1/7/2020). (INDOZONE/Murti Ali Lingga)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Rabu (1/7/2020). (INDOZONE/Murti Ali Lingga)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk memperpanjang kembali masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di Jakarta selama 14 hari ke depan atau hingga 16 Juli 2020.

"PSBB transisi yang artinya semua kegiatan berlangsung masih dalam kapasitas 50% akan diteruskan 14 hari ke depan," kata Anies Baswedan dalam konferensi persnya di Balai Kota Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Anies menjelaskan, alasan diperpanjang kembali masa PSBB transisi kerena masyarakat di DKI Jakarta masih perlu menerapkan kedisiplinan guna menekan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

"Lalu dalam pembahasan tadi di Jakarta apa yang terjadi selama satu bulan terakhir di situ nampak bahwa secara umum masih perlu ada peningkatan kedisiplinan masyarakat," ujarnya.

Dia menjelaskan, bahwa ada tiga aspek penting yang mesti ditingkatkan oleh masyarakat yaitu penggunaan masker, mencuci tangan secara rutin dan menjaga jarak aman atau physical distancing.

Selain itu, Anies juga mengklaim berdasarkan data yang dimilikinya laju perkembangan kasus Covid-19 di Jakarta cukup terkendali. Kata dia masih tersisa satu kelurahan yang tersisa dengan laju insiden rate yang masih tinggi.

"Mapping kecepatan laju insiden di Jakarta yang secara umum situasinya relatif terkendali ada satu kelurahan maksudnya yang di situ laju insidennya masih tinggi," ujarnya.

Dikatakannya, skor total yang dicapai DKI adalah 71 dan artinya DKI masih tetap boleh melakukan pelonggaran terhadap berbagai aktivitas masyarakat di ruang publik. Skor ini diambil dari tiga indikator utama yaitu epidemiologi (skor 75), kesehatan publik (54), dan fasilitas kesehatan (83).

"Totalnya 71 artinya saat ini kita bisa melakukan pelonggaran dan kesimpulan dalam rapat gugus tadi disimpulkan bahwa PSBB transisi artinya semua kegiatan berlangsung masih dengan kapasitas 50%," ujar Anies.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X