CEK FAKTA: Apa Benar Penerima Pesan Stiker di WhatsApp Akan Dikenakan Biaya?

- Kamis, 14 Mei 2020 | 01:10 WIB
Ilustrasi aplikasi chating Whatsapp (photo/Pexels/Anton)
Ilustrasi aplikasi chating Whatsapp (photo/Pexels/Anton)

Belakangan ini beredar sebuah infomasi atau pesan jika penerima pesan stiker WhatsApp berbayar Rp 250. Informasi itu awalnya beredar di WhatsApp hingga merinci total pendapatan yang diterima oleh pembuat stiker.

Pesan ini pun mengajak semua orang untuk berhenti memakai stiker agar paket atau uang kita tidak cepat habis untuk memperkaya si pembuat stiker.

Berikut isi pesannya:

"Hindari penggunaan STIKER dlm medsos.

Tahukah teman2 ku di group ini... Kenapa menggunakan stiker, menguntungkan pembuat nya,,,

Setiap stiker atau gambar yg saudaraku krmkan di wa ini pembayarannya dibebankan kpd yg menerima Rp.250,-. Jk aggt group ini ada 20 org sj maka pembuat stiker sdh mendapat uang 20x 250 rupiah utk satu stiker. jika setiap hari di group ini ada 20 stiker en gambar maka pembuat stiker mendapat uang perhari dr group ini = 20 x20x 250 = 100.000 rupiah. Jika dalam 1 bln ,brp kah penghasilan pembuat stiker ???

Saya mengajak semuanya utk stop pakai stiker agar paket / uang kt tdk cepat habis utk memperkaya org yg sdh kaya.

Stiker pada medsos maupun pesan singkat sebenarnya tidak berbahaya. Selain itu bisa didapatkan secara gratis, memang tetap ada stiker yang dijual namun cenderung tidak banyak.

Umumnya penyedia layanan medsos dan aplikasi chat menambahkan emoji, stiker bahkan gif untuk membuat suasana dan keberagaman ekspresi para pemakainya.

Dahulu saat masih BBM, untuk bisa membuat emoji kits harus mengingat karakter yang harus diketik, lalu mulai dalam fitur keyboard ditambahkan. Begitu juga Whatsapp dan lainnya."

Cek Fakta: 

-
Cuplikan layar pesan whatsapp (photo/Kominfo)

Menurut informasi yang dilansir dari laman Kominfo, menurut Ketua Lembaga Riset Keamanan Cyber dan Komunikasi (CISSReC) Pratama Persadha, pesan tersebut menyesatkan.

Dirinya menegaskan bahwa tidak ada stiker berbayar di WhatsApp. Menurutnya memang ada perbedaan besaran kuota data dibandingkan teks. Namun ukurannya juga tidak signifikan. Untuk teks, per karakter besar 1 byte, sedangkan stiker umumnya dibawah 50 kilo byte. Jadi, penggunaan stiker pada WhatsApp dan lainnya hanya dibebankan pada kuota data.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X