Pariwisata Akan Dibuka, Ini Cara Polri Kawal Protokol Kesehatan bagi Wisatawan

- Sabtu, 27 Juni 2020 | 11:30 WIB
Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono. (Divisi Humas Polri)
Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono. (Divisi Humas Polri)

Jajaran TNI-Polri siap melakukan pengamanan dengan pendekatan persuasif terkait protokol kesehatan di sektor pariwisata. Hal itu menyusul kebijakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang memperbolehkan tempat wisata alam di zona hijau dan kuning dibuka untuk umum.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menjelaskan jajaran TNI-Polri khususnya di daerah yang memiliki potensi pariwisata sudah terjun langsung melakukan aksi nyata untuk menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi pengunjung.

"Berbagai upaya sudah kami lakukan untuk memberikan kenyamana dan keamanan menjelang dibukanya tempat wisata," ujar Argo dalam keterangannya, Sabtu (27/6/2020).

Menurutnya, jajaran TNI-Polri beserta Pemda setempat akan menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung standar protokol kesehatan. Fasilitas itu di antaranya penyemprotan cairan disinfektan untuk memastikan lokasi tersebut tetap steril.

Kemudian, disiapkan juga tempat pencucian tangan dan hand sanitizer. Tempat wisata juga wajib menerapkan physical distancing atau jaga jarak aman.

"Kami juga meminta kepada pengelola untuk menyediakan fasilitas penunjang protokol kesehatan, misalnya masker. Ini untuk mengantisipasi jika ada pengunjung yang tidak membawa. Warga juga akan dicek suhu dan mencuci tangan dengan sabun," tutur Argo.

Dia menegaskan apa yang dilakukan semua itu untuk memastikan terjaminnya kesehatan dan keselamatan pengunjung akan bahaya virus corona. Jaminan itu sangat penting untuk mendatangkan para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sejumlah Polda sudah bergerak untuk mengawal fase pemulihan sektor pariwisata. Puluhan bahkan ratusan personel diterjunkan untuk pendisiplinan.

Salah satunya yang dilakukan jajaran Polda Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebanyak 520 Bhabinkamtibmas membagikan 15.000 bantuan paket sembako kepada para pekerja di kawasan pariwisata NTB yang terdampak Covid-19.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X