Akademisi: Kecerdasan Sosial Anak Akan Menurun Jika Kurang Berinteraksi & Selalu di Rumah

- Selasa, 22 September 2020 | 23:01 WIB
Dua orang guru sekolah dasar mengajar di rumah muridnya di Kelurahan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur. (Photo/ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)
Dua orang guru sekolah dasar mengajar di rumah muridnya di Kelurahan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur. (Photo/ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Di tengah pandemi saat ini, orang tua tentunya memiliki pandangan berbeda terhadap perilaku anak akan interaksi sosial yang dijalaninya. Di sisi lain, Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh Dr Salami Mahmud MA berpendapat bahwa kecerdasan sosial anak akan menurun jika terus beraktivitas di rumah dan tidak melakukan interaksi di luar rumah.

"Yang jelas kecerdasan sosialnya itu berkurang. Karena dia (anak) enggak bersosialisasi keluar, di rumah saja gitu," kata Salami di Banda Aceh, dilansir dari Antara, Selasa (22/9/2020).

Salami yang juga merupakan seorang Dekan Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry itu meminta agar anak-anak tidak selalu 'dirumahkan' untuk mengurangi dampak kecerdasan sosialnya berkurang.

Sebab anak adalah kelompok yang saat ini masih suka berpetualang, bermain, bepergian bersama teman-teman untuk mengaplikasikan bakatnya.

"Beda di rumah saja dengan pergi bersama kawan, ada eksperimen apa gitu, ada kegiatan, yang jelas untuk mengasah kecerdasan sosial itu. Interpersonal skillnya sudah tersekat, itu efek kalau di rumah saja," katanya.

Meski begitu, Dokter Salami juga tak bisa memungkiri bahwa Covid-19 terus meningkat dan membuat pemerintah belum mengizinkan aktivitas belajar di sekolah dilakukan.

Oleh karena itu, ia pun meminta orang tua perlu memperhatikan sikap dan tingkah laku yang dapat berdampak kepada pertumbuhan psikologis anak ketika mengawasi mereka belajar daring.

"Ada efek lain juga kalau anak di rumah terus, maaf dalam tanda kutip kalau model orang tuanya suka merepet, itu (merepet) saja yang diterima anak setiap hari, itu akan berpengaruh ke kepribadian dia, apalagi anak dalam masa tumbuh," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X