N250 Gatotkaca, Pesawat Pertama Karya BJ Habibie Berakhir di Museum

- Jumat, 21 Agustus 2020 | 09:57 WIB
Pesawat karya BJ Habibie yang dimuseumkan. (Dok. TNI AU)
Pesawat karya BJ Habibie yang dimuseumkan. (Dok. TNI AU)

Pesawat pertama Indonesia yang merupkan karya BJ Habibie, N250 Gatotkaca harus berakhir di museum. Pesawat tersebut akan dimuseumkan di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

"Sejarah baru sedang dijalani N250 Gatotkaca. Pesawat asli karya putra Indonesia yang pada 1995 sempat menggegerkan dunia karena kecanggihan teknologinya pada zamannya, kini harus menerima kenyataan sebagai penghuni museum," kata TNI Angkatan Udara melalui akun Facebook resminya.

-
N250 Gatotkaca. (dok. TNI AU)

N250 Gatotkaca bakal dibawa ke Yogyakarta melalui perjalanan darat dari Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara Bandung, menuju Muspusdirla Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. Banyak yang merasa sedih dengan nasib N250 yang harus berakhir di museum.

"Ada perasaan pilu menyaksikan nasib sang Gatotkaca kini, meskipun demikian, ini kenyataan yang tidak bisa kita tolak. Selamat jalan Gatotkaca, semoga di tempat baru, kamu dapat lebih menginspirasi generasi sekarang dan mendatang," tambah TNI Angkatan Udara.

Pesawat karya Presiden ke-3 RI tersebut diproduksi oleh IPTN atau kini PT Dirgantara Indonesia (Persero). N250 Gatotkaca terbang perdana pada 10 Agustus 1995 silam.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X